oleh

Tahun Ajaran Baru, PBM di Lingkup Disdikbud Kepsul Belum Normal

Faktual.Net, Kepsula, Malut – Meskipun telah memasuki tahun ajaran baru, saat ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Provinsi Maluku Utara (Malut) belum melakukan Proses Belajar Mengajar (PBM) secara normal untuk jenjang TK, SD dan SMP.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Sula, Ishak Umamit, melalui kegiatan monitoring dan evaluasi di SDN Desa Baleha, Kecamatan Sulabesi Timur, Selasa (21/07/2020).

“Proses pembelajar masih dilakukan secara daring (dalam jaringan atau pembelajaran sistem aplikasi) ini betul-betul berjalan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kabidhumas : Penutupan Pintu Keluar Tol di Jateng Diperpanjang Sampai 25 Juli 2021

Menurutnya, ada beberapa desa terpencil di Kepulauan Sula, yang tidak mendapatkan akses jaringan secara online (daring). Keterbatasan teknologi ini sekaligus menjadi kendala terberat, sehingga PBM dengan sistem online tersebut tidak berjalan dengan baik.

“Guru harus jemput bola atau mengunjungi siswa di rumah, pada khususnya desa yang memang itu tidak dapat mengakses jaringan internet, untuk memastikan siswa benar-benar ada aktivitas belajar di rumah, walaupun kedatangan guru tersebut hanya dengan waktu satu atau dua jam, tapi itu sudah merupakan keputusan kita bersama,” lanjutnya.

Dalam kondisi Pandemi ini kata Ishak, pihaknya belum mengetahui secara pasti, kapan wabah Covid-19 akan berakhir. Ia juga menuturkan bahwa kondisi saat ini merupakan kondisi darurat.

Baca Juga :  Anggota DPR RI dan Sekprov Sulsel Diduga Dalang Permainan BPNT

“Semua sektor sangat berpengaruh, terutama terkait juga dengan pendidikan. Olehnya itu, diharapkan agar semua sekolah pada umumnya berjalan sesuai apa yang kita harapkan bersama,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula perlu memberikan perhatian serius terhadap pendidikan, terutama untuk desa di wilayah terpencil yang tidak mendapatkan akses jaringan internet.

Reporter: Tomi Umarama
Editor: Anto Buteng

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :