Sudarmanto Saeka “Generasi Millenial Kendari Harus Berjiwa Wirausaha”

65

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Kelompok terdidik dari kelas Sarjana yang berujung pada ketiadaan pekerjaan atau tidak mendapatkan pekerjaan adalah masalah bangsa yang sejak dulu belum terselesaikan. Banyaknya angkatan kerja dinegeri ini yang belum mendapatkan pekerjaan adalah Pekerjaan Rumah (PR) bersama bagi penyelenggara negara untuk dicarikan solusi. Menanggapi hal tersebut, Sudarmanto Saeka mengatakan bahwa Generasi Millenial bangsa ini harus berjiwa Wirausaha.

Disela-sela tugasnya sebagai seorang anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kepada faktual.net pada Rabu/10/4/2019 Sudarmanto Saeka mengatakan bahwa untuk mengurangi pengangguran di Indonesia, terkhusus di Sultra, maka angkatan kerja, para calon sarjana harusnya sejak dini menanamkan jiwa Wirausaha dalam diri mereka.

Pria yang kembali mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) Partai Nasdem nomor urut 1 daerah pemilihan (dapil) Kota Kendari ini mengatakan bahwa peserta didik baik dari kalangan pelajar SMA ataupun mahasiswa harus menanamkan dalam diri mereka bahwa ketika selesai sekolah atau selesai kuliah terjun kedunia usaha menciptakan lapangan pekerjaan bukan malah sibuk mencari kerja.

“Adik-adik pelajar, adik-adik mahasiswa dan angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan harus bisa menggali potensi dalam dirinya, mengembangkan kreatifitasnya untuk kemudian bisa menciptakan pekerjaan minimal untuk dirinya”, kata Sudarmanto.

“Kalau mereka mengharapkan untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau karyawan swasta ini rumit, sebab kuota PNS yang disiapkan negara sangatlah terbatas, daya tampung perusahaan untuk menerima karyawan juga sangatlah terbatas”, terangnya.

Pria yang juga menjabat Ketua Karang Taruna Sultra ini mengatakan bahwa Generasi Millenial kita saat ini berada diera digital, banyak sekali ruang bagi Generasi Millenial untuk berkreasi dan hasil kreasinys tersebut bisa menghasilkan rupiah.

Sudarmanto mencontohkan bagaimana era digital ini dijadikan peluang usaha bagi seorang Nadim Makarim yang hobi naik ojek, kemudian merintis dari Nol perusahaan ojek On Line yang akhirnya menjadi perusahaan ojek On Line terbesar di Indonesia (baca : Gojek).

Selain itu dia mencontohkan misalnya Generasi Millenial Kota Kendari yang memanfaatkan peluang-peluang usaha On Line yang kemudian membuat Rumah Ikan Kendari, ada juga jasa penyediaan daging ayam potong bagi warga Kendari dengan Label Ayam Syar’i Kendari.

Dia juga menyebutkan bahwa di Kota Kendari juga sudah cukup banyak anak-anak muda yang merintis usaha kuliner, sebut saja Burjo Kendari, Soimah (Siomai Pingin Nambah) atau Siomai Bang Ari yang sudah memiliki puluhan bahkan ratusan outlet di Sultra.

“Saya ingin mengatakan dari beberapa contoh tersebut bahwa persoalan pengangguran ini dapat teratasi apalagi stigma berpikir generasi muda kita harus bergeser dari seseorang yang mencari kerja menjadi seseorang yang bisa dan mampu menciptakan lapangan kerja”, tutupnya.

Reporter : Aco Rahman Ismail

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :