oleh

Setelah Pensiun Drs Muh Asrul “Mantan Kadis PMD” Mengisi waktu Bertani dan Berternak

Faktual.net, Gowa, Sulsel – Nama Drs. Muhammad Asrul MM. sudah tak asing lagi di Pemkab Gowa. pria kelahiran Selayar, 19 Juli 1961 ini. kini setelah pensiun 1 Agustus 2021, dirinya banyak menghabiskan waktu dengan berkebun dan ternak sapi.

suasana asri begitu terasa ketika Kru Media faktual.net Sulsel berkunjung ke rumah kebunnya yang terletak di Dusun Parangloe, Desa Manuju, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa.

Asrul sapaan akrabnya memanfaatkan hari tuanya untuk fokus di pertanian khususnya di tanaman Porang dan Jahe Merah, pensiunan birokrat ini juga berternak ikan nila biasa, nila merah dan berternak Sapi.

Semasa berkarir di dunia birokrasi sebagai kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) sederet prestasi dan karirnya melejit. karena sudah tidak ada lagi Desa di Gowa yang statusnya sebagai Desa tertinggal.

Drs. Muh Asrul MM, Mantan Kepala Dinas PMD tersebut kepada Media Faktual.net mengatakan, saat ini saya lebih fokus di pertanian untuk mengelola Porang.

“Dan hari saya kembali melaksanakan penanaman Porang, tetapi selain Porang saya juga menanam jahe merah, ternak sapi, ternak nila biasa dan nila merah”, ucap Muhammad Asrul.

Lebih lanjut ia mengatakan kurang lebih satu tahun saya pelajari cara budidaya Porang.

“kurang lebih satu tahun saya belajar mengenai budidaya dan proses pengelolaan Porang, jadi pahit manis sudah saya lalui”, lanjut mantan Kadis PMD tersebut.

Saat ini saya juga sudah membuka gudang penampungan dan pengelolaan Porang Di Desa Manuju yang tidak jauh dari kebun saya.

“Gudang Porang ini saya bangun untuk bisa menampung Porang dari Masyarakat kabupaten gowa. jadi bagi Petani Porang yang ingin menjual hasil panennya silahkan bawa ke gudang saya”, ucap Muh Asrul.

ia juga menambahkan bahwa saat ini ia juga sudah menyiapkan tempat pembuatan dan tempat karantina bibit Porang.

“harapan saya dengan adanya tempat budidaya dan karantina bibit Porang, maka kualitas Porang di kabupaten Gowa bisa lebih baik lagi”, tutup Muh Asrul.

Saenal Abidin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :