Pilkada Muna Kian Dekat, Isu Pemekaran Muna Timur Kembali Hangat.

380

Faktual.Net, Muna, Sultra. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa isu pemekaran Muna Timur telah lama dimunculkan ke permukaan. Tak hanya itu, bahkan syarat-syarat regional hingga surat pengantar gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) bahkan sudah dikantongi.

Untuk diketahui, Muna Timur merupakan wilayah timur kabupaten Muna yang selama ini masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Wilayah ini terdiri dari 5 kecamatan yaitu Pasikolaga, Pasir Putih, Wakorumba Selatan, Batukara dan Maligano dengan jumlah penduduk sekitar 25.000 kepala keluarga.

Kepada faktual.net, salah seorang tokoh pemuda Muna Timur, La Ode Harlin mengatakan bahwa wacana pemekaran tersebut awalnya mulai diangkat sesaat sebelum pemilihan bupati Muna 2015 silam. Akan tetapi, usai pemilihan seakan ditelan bumi, hampir tidak pernah ada kelanjutan perjuangan pemekaran tersebut.

“Sebagai pemuda, tentu kami berharap Muna Timur tak hanya dijadikan sebagai tunggangan politik untuk meraup suara di pilkada Muna nanti, tetapi benar-benar harus diperjuangkan”, ungkap La Ode Harlin saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya pada Senin, 5/8/2019.

Baca Juga :  Pemda Konsel Gelar Kegiatan Delineasi Batas Wilayah Administrasi Kelurahan dan Desa secara Kartometrik

Tokoh pergerakan Muna Timur itu menegaskan bahwa selama ini bupati Muna hanya menyampaikan dukungan lisan untuk mendorong pemekaran Muna Timur. Akan tetapi, hingga saat ini menurutnya tidak ada langkah kongkrit yang ditempuh oleh pemerintah kabupaten Muna terkait upaya pemekaran tersebut.

Wakil ketua PMII Komisariat Universitas Halu Olesi (UHO) periode 2013-2014 itu juga mengingatkan siapapun calon bupati Muna kedepan jangan main-main dengan isu pemekaran Muna Timur, sebab menurutnya rakyat tak akan mudah untuk dikelabui. Harus jelas komitmennya, jika tidak, tentu harus berpikir ulang untuk mencari suara di wilayah ini.

Baca Juga :  Arsalim dan Sekda Konsel Tinjau Persiapan Lokasi HPS di Pudambu

“Kalau dalam perjuangan pemekaran ini ada kendala tehnis, silahkan didiskusikan dengan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, kami sangat welcome agar sama-sama paham dan mencari jalan keluar”, kata La Ode Harlin.

Selain itu, La Ode Harlin juga menilai, Muna Timur memiliki potensi besar di sektor pertanian, perkebunan dan kelautan. Akan tetapi, selama ini pemerintah terkesan lamban dalam memfasilitasi potensi tersebut.

“Semoga kedepan, siapapun bupati terpilih, harus mampu memperhatikan daerah-daerah yang belum mendapat sentuhan pembangunan terutama wilayah Muna Timur. Dan yang paling penting, kami menginginkan pemimpin yang siap berkomitmen untuk mempercepat upaya pemekaran Muna Timur”, tutup Harlin.

Reporter : Muhammad Idris

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :