Pengurus UKM-IKM Sultra Silaturahmi ke OJK

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Pengurus Forum Usaha Kecil Menengah-Industri Kecil Menengah (UKM-IKM) Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bersilaturahmi ke kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra dalam rangka menjajaki sinergisitas program terkait pembinaan usaha bagi pelaku usaha, Selasa 12/3/2019.

H Abdul Hakim dan pengurus diterima oleh Kepala Bagian Pengawasan Industri Jasa Keuangan OJK Sultra Maulana Yusuf dan Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Ridhony MHH, diruang rapat kantor OJK Sultra.

Ada tiga sinergis program yang ditawarkan pihak OJK kepada pengurus UKM-IKM Sultra yaitu worshop peningkatan nilai tambah barang dan jasa kepada 500 pelaku atau calon pelaku UKM-IKM yang direncanakan pada akhir April 2019, enterpreneur class bagi para mahasiwa atau pelajar setingkat SMU, serta program Carnaval Emas Sultra (CETAR) yang akan melibatkan 1000 pelaku UKM-IKM yang direncanakan dilaksanakan pada acara puncak di bulan Oktober 2019.

“Baik Pelaku maupun calon pelaku UKM-IKM yang telah ikut workshop peningkatan nilai tambah produk dan jasa di bulan April nanti, bisa turut mengikuti carnaval emas Sultra di Oktober nanti,” ungkap Maulana Yusuf sambil menambahkan bahwa calon UKM-IKM bisa dari kaum muda seperti pelajar dan mahasiswa.

Pertemuan Pengurus IKM-UKM Dan OJK Sultra

Maulana Yusuf menjelaskan OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan, didalamnya ada tiga fungsi yaitu mengatur, mengawasi dan melindungi. “Kegiatannya antara lain adalah edukasi perlindungan konsumen dan meningkatkan literasi keuangan. Edukasi kepada mahasiswa, ibu rumah tangga, wartawan, kepolisian, dosen, masyarakat yang dirugikan dengan jasa keuangan bisa adukan ke OJK” urai Maulana Yusuf, pihaknya mengaku sangat respon dengan silaturahmi pengurus UKM-IKM, “peran pelaku usaha kecil sebagai penopang krisis, untuk itu kami mendorong kredit usaha rakyat, bantuan wakaf mikro,” tambahnya.

Sambil mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan April 2019, Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Ridhony MHH meminta dilakukan mapping kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi pelaku UKM-IKM. “Mohon masukan untuk pemetaan kebutuhan dan permasalagan yang dihadapi pelaku usaha, semoga dapat difasilitasi dengan pihak pemerintah untuk mencari solusi terbaik,” ungkap Ridhony.

H. Abdul Hakim Ketua Forum UKM-IKM Sultra berterimakasih atas sambutan pihak OJK Sultra yang langsung memberikan peluang sinergi program. “Terimakasih atas sambutan dan respon OJK Sultra atas peluang sinergi program kepada pelaku usaha kiranya dapat menambah spirit untuk pengembangan usaha agar lebih eksis kedepannya,” ungkap Abdul Hakim

Reporter Wa Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Mungkin Anda Menyukai