oleh

Penetapan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah Jatuh Pada Tanggal 10

Faktual.Net, Malut, Tidore. Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan resmi menetapkan hari pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah, jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Penetapan tersebut, berdasarkan Keputusan Kementrian Agama Republik Indonesia (RI) Nomor : B-290/Kw.27.1/BA.00/07/2022.

“Sebagai pemerintah kami akan menjalankan keputusan pemerintah pusat, jadi sholat Idul Adha akan di lakukan pada hari Minggu, tanggal 10 Juli 2022,” ungkap Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, saat ditemui sejumlah media di ruang kerjanya. Selasa, (5/7/22)

Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini melanjutkan, penetapan Idul. adha dari Kementerian Agama RI, juga sudah berdasarkan data pelaksanaan Rukyat hilal yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia pada tanggal 29 Zulkaidah 1443 Hijriah, serta didukung dari Hasil Sidang Isbat Kementerian Agama yang sepakat menyatakan Bulan Zulkaidah, digenapkan menjadi 30 Hari, sehingga tanggal 1 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2022 dan tanggal 10 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad tanggal 10 Juli 2022.

“Dengan adanya surat dari Kementrian Agama, terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, nantinya akan ditindaklanjuti ke tingkat Kecamatan, Lurah dan Desa untuk diumumkan di setiap Masjid-Masjid, agar diketahui oleh masyarakat,” tandasnya.

Meski begitu, Walikota memastikan bahwa tidak ada pelarangan bagi masyarakat tertentu, untuk menjalankan Sholat Idul Adha di tanggal 9 Juli 2022.

“Saat inikan terdapat polemik soal penetapan waktu sholat, maka dari itu kami sebagai pemerintah daerah juga tidak melarang masyarakat untuk menjalankan Sholat Idul Adha di tanggal 9,” jelasnya.

Senada, disampaikan Kepala Bagian Bina Kesra Sekretariat Daerah Kota Tidore, Sahnawi Ahmad, mengaku jika surat pemberitahuan terkait dengan waktu pelaksanaan hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, telah diperbanyak dan akan disebarluaskan ke setiap Kelurahan dan Desa.

“Suratnya sementara lagi buat, jadi besok itu sudah akan kami sampaikan di Kelurahan dan Desa,” tuturnya.

Untuk tempat pelaksanaan Sholat Idul Adha yang nantinya dihadiri oleh Walikota Tidore Kepulauan, Kata Sahnawi, akan dilakukan di Masjid Babul Jannah, Kelurahan Indonesiana, Kecamatan Tidore.

Selain itu, untuk saat ini, sudah ada sebanyak 34 ekor sapi yang telah disumbangkan oleh pihak terkait untuk disumbangkan ke setiap Kelurahan dan Desa. Namun tidak menutup kemungkinan, jumlahnya akan terus bertambah.

“Biasanya kami catat setiap sumbangan yang masuk ini, sampai di H-2 jelang Pelaksanaan Idul Adha,” jelas Sahnawi

Reporter : Aswan

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :