Pemda Lutra Atasi Kelangkaan Pupuk

59

Faktual.Net, Luwu Utara, Sulsel. Berbagai cara dilakukan pemerintah daerah (pemda) Luwu Utara (Lutra), provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), guna mengatasi kelangkaan pupuk bagi petani. Bersama multi stakeholders dan pihak swasta yaitu PT Polowijo Gosari dan PT Agromina Nusantara Transniaga (ANT), pemda Lutra menggelar pertemuan multistakeholder dan penandatangan Memorandum of Outstanding (MoU) bersama pihak swasta tersebut. Hal ini dilakukan guna mengatasi kelangkaan pupuk bagi petani. Pertemuan multi stakeholders dan penandatanganan MoU itu digelar di aula Bappeda Lutra pada 20/12/2018.

Sekretaris daerah (sekda) Lutra Ir H Abdul Mahfud MP berharap agar permasalahan petani terutama kelangkaan pupuk bisa teratasi melalui penandatangan nota kesepahaman pengadaan pupuk antara multi stakholders di Lutra dan pihak swasta, “kami mengharapkan agar permasalahan petani teratasi setelah realisasi kerjasama ini, semoga komoditas kakao sebagai andalan di daerah Lutra bisa kembali berjaya dengan pemupukan yang baik,” harapnya.

Baca Juga :  Berkunjung Di Tidore, Investor Asing Tertarik Bangun Kerja Sama Dengan Pemkot

Luas lahan kakao di Lutra mengalami penurunan dari 39 ribu hektar menjadi 28 ribu hektar, akibat menurunnya produktivitas budidaya tanaman kakao. Kondisi ini tidak terlepas dari masalah kurangnya perawatan serta pemupukan. Sementara menurut sekda Lutra Abdul Mahfud sumbangsih peredaran uang dari subsektor kakao pertahunnya mencapai 800 milyar di Lutra.

Adapun produk pupuk yang akan didistribusikan adalah magnesium magfertil 20+, Pendistribusiannya akan difasilitasi oleh koperasi Fomakara. Pemberian pupuk nantinya bukan hanya pada tanaman kakao saja, namun pada komoditi perkebunan dan hortikultura lainnya, seperti kelapa sawit, lada, buah-buahan, termasuk tambak

Baca Juga :  LPSD-Jakarta Dinahkodai Ketum Baru, Dewan Penasehat: Kami Siap Suport

Adapun pihak yang terlibat dalam penandatanganan MoU penanggulangan pupuk adalah PT Polowijo Gosari diwakili oleh Abdul Muis, Bank BRI cabang Masamba Lutra diwakili oleh kepala cabang BRI Masamba Bayu, Forum masyarakat kakao Lutra (Fomakara) diwakili oleh ketua forum Ir H Sam Sumarsono, serta pemda Lutra yang diwakili oleh sekda Lutra Ir H Abdul Mahfud MP.

PT ANT sebagai distributor utama produk pupuk dari PT Polowijo Gosari menggandeng dan bekerjasama dengan koperasi Fomakara untuk mendistribukan pupuk magnesium magfertil 20+.

Reporter : Wa Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :