Pembangunan SPN Polda Malut Bakal Terlaksana

92

Faktual. Net, Tidore. Pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku Utara yang berlokasi di Kelurahan Gurabati, Tidore semakin mendekati pelaksanaannya. Hal ini diketahui setelah Walikota Tidore Kepulauan, H. Ali Ibrahim bersama Tim Penyusun Siteplan Area SPN Maluku Utara menyampaikan Expose Final Detail Engineering di Mapolda Malut, Rabu (22/5/19) siang.

Expose ini disaksikan langsung oleh Wakapolda Malut, Kombespol Lukas Akbar Abriari dan ini merupakan Expose yang terakhir setelah sebelumnya dilakukan beberapa kali pertemuan dan perubahan Siteplan, dimana Tim Penyusun harus menyesuaikan Siteplan SPN yang sesuai dengan spek yang disampaikan pihak Polda Maluku Utara.

Tim penyusun juga telah berupaya maksimal memanfaatkan ruang di areal lahan SPN yang luasnya lebih dari 9,5 hektar ini menjadi sangat produktif dan memenuhi persyaratan standar pembangunan sesuai spesifikasi SPN.

Wakapolda Malut, Kombespol Lukas Akbar Abriari di sela-sela expose dari Tim Penyusun Siteplan SPN menyampaikan terima kasih kepada Walikota Tidore Kepulauan bersama Tim Penyusun Siteplan yang telah bekerja keras menyusun perencanaan pembangunan SPN.

Baca Juga :  Pemkab Konsel Siapkan Bantuan Hukum Gratis Untuk Warga Kurang Mampu

Wakapolda juga mengatakan akan menyampaikan hasil Expose ini kepada Kapolda dan sesegera mungkin disetujui agar pembangunannya segera mulai jalan. Apabila sudah ada persetujuan maka Karo Logistik, AKBP Tubagus Shiddiq segera mengambil alih dan eksekusi pelaksanaannya, nantinya setiap kontraktor harus melihat Siteplan ini dan mengecek langsung ke lapangan sebelum melakukan penawaran dalam tender.

Walikota Tidore Kepulauan, H. Ali Ibrahim usai melakukan Expose menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tidore Kepulauan akan menyiapkan sarana dan prasarana pendukung pembangunan SPN termasuk pembangunan jalan lingkar Tidore yang akan melewati SPN untuk mempermudah akses masuk ke lokasi.

Ali Ibrahim menambahkan bahwa dalam pembangunan SPN di areal seluas 9,5 hektar belum bisa mengakomodir seluruh bangunan yang dibutuhkan oleh karena itu rencananya pada tahun 2020 nanti Pemkot Tidore akan membebaskan sekitar 15 hektar lahan untuk memperluas lokasi SPN, agar nantinya dapat mengakomodir kebutuhan pendidikan seperti kolam renang, lapangan bola, dojo dan lain-lain.

Baca Juga :  Kata Yahya Zaini dalam Menangkal Radikalisme

Namun untuk pembebasan lahan tersebut kata Ali Ibrahim, Pemkot masih menunggu izin dari Kementerian Kehutanan dalam menerbitkan izin alih fungsi hutan di sekitar SPN dari Hutan Konservasi menjadi Area Pengguna Lain.

Tim penyusun Detail Engineering Siteplan Area SPN Polda Maluku Utara berasal dari Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Kota Tidore Kepulauan bersama Dinas Pekerjaan Umum Kota Tidore Kepulauan serta tenaga ahli Arsitek, Ervan M. Faruk. (hms)

Reporter : Aswan Samsudin

 

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :