oleh

Kolaborasi ILMI Sultra Budidaya Madu Trigona di Kebun Raya, DLHK Kendari Tunggu Restu KLHK

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Pengelolaan Kebun Raya Kendari oleh pihak ketiga harus ada izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari, Ir. Nismawati, M.Si kepada faktual.net, saat menerima kunjungan Inspirator Lebah Madu Indonesia Sulawesi Tenggara (ILMI Sultra) dikantornya.

Ir. Nismawati, M.Si kepada ILMI Sultra mengatakan bahwa pihaknya sangat sepakat jika ada pihak ketiga yang mau bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam upaya menghidupkan aktivitas di Kebun Raya Kendari yang sesuai peruntukannya sebagai zona wisata, zona edukasi, zona promosi bagi flora dan fauna yang ada didalamnya, salah satunya lebah dan madu.

Wanita yang pernah menjabat Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Kendari tersebut menyambut positif niatan ILMI Sultra untuk membudidaya dan mengembangkan perlebahan dan hasilnya di Kebun Raya Kendari dengan catatan, semuanya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada KLHK sebagai pemilik Kebun Raya Kendari.

“Secara pribadi, saya sangat setuju dengan ide kreatif teman – teman yang tergabung di ILMI Sultra. Tapi kita juga harus pahami bersama bahwa Kebun Raya Kendari ini dibawah naungan KLHK, Pemkot Kendari hanya diamanahkan untuk mengolahnya. Hal – hal terkait kerjasama dengan pihak ketiga harus kami konsultasikan dulu dengan pihak Kementerian,” ucap pengganti Paminuddin tersebut.

Ir. Nismawati, M.Si bersama pengurus ILMI Sultra

“InsyaaAllah sesegera mungkin kami konsultasikan ke Kementerian, jika pihak Kementerian setuju maka kami akan kabari teman – teman untuk kita jalankan konsep ini secara bersama. Apalagi konsep teman – teman memberikan manfaat yang sangat positif bagi Kota kendari”, tambah wanita berhijab tersebut.

Ditempat yang sama, Suhardi, SP selaku ketua ILMI Sultra mengaku sangat gembira atas respon positif dari Kadis LHK Kota Kendari dalam mendukung lembaganya untuk bersama mengembangkan perlebahan di Kebun Raya Kendari terkhusus Lebah Trigona.

Untuk menjadi informasi bahwa kegiatan Konsultasi kali ini sebagai bentuk tindak lanjut atas pertemuan ILMI Sultra dengan Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, SE bulan Februari 2020.

Saat pertemuan tersebut, Walikota Kendari telah menyatakan dukungan terhadap ide ILMI Sultra untuk membudidaya dan mengembangkan Lebah Trigona di Kebun Raya Kendari yang tentunya secara teknis akan dibahas lebih lanjut oleh instansi terkait dalam hal ini DLHK Kota Kendari.

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :