oleh

Kerjasama Kanada-Sultra, Pj Sekda Pemprov Bacakan Testimoni Gubernur Sultra

Faktual.Net, Jakarta.  Kepemimpinan Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH bersama wakilnya, terus menjalin hubungan baik dengan Pemerintah Kanada. Hal ini diungkapkan Pj Sekda Pemerintah Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD saat membacakan sambutan sekaligus testimoni Gubernur Sultra, pada pertemuan penutupan Project NSLIC/NSELRED, belum lama ini, di Jakarta.

Menurut Gubernur Sultra yang disampaikan oleh Pj Sekdanya, hubungan baik tersebut telah terlaksana melalui kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sultra dengan Pemerintah Kanada yang sejak 30 tahun telah terjalin pada berbagai sektor.

Pj Sekda Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD saat bersama Duta Besar Canada untuk Indonesia dan Timor Leste, pihak Kementerian Bappenas, dan Direktur Project NSLIC/NSELRED.

Sektor-sektor tersebut, lanjut dia, seperti sektor pendidikan, kesehatan, penyediaan air bersih, pengembangan wilayah serta pengembangan ekonomi lokal melalui project National Supprot for Local Investment Climates ( NSLIC) atau National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRD).

“Pada Bulan September 2022, Project NSLIC/NSELRED sudah akan menyelesaikan programnya pada lima kabupaten kota di Provinsi Sultra, yaitu Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Bombana,” tutur Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra ini seraya menyampaikan sambutan Gubernur Sultra.

Orang nomor satu di Provinsi Sultra ini mengakui, jika project tersebut sangat membantu pemerintah daerah dan bersinergi dalam urusan pengembangan ekonomi lokal, utamanya dukungan dalam pengembangan beberapa produk unggulan daerah di 5 kabupaten/ kota, termasuk perbaikan pelayanan PTSP dan mall pelayanan publik, penguatan kapasitas OPD teknis dan UMKM atau Koperasi, serta mendorong kerjasama antar daerah dan pihak swasta, serta memfasilitasi akses pasar bagi UMKM/Koperasi baik pasar nasional maupun pasar internasional.

“Saya sangat mengapreasiasi upaya Project NSLIC yang bekerjasama dengan OPD teknis di Provinsi Sultra, dalam mempersiapkan UMKM untuk mendapatkan akses pasar internasional, sehingga Tanggal 22 September yang lalu, ada 7 produk UMKM kami sudah melakukan trial order ke Negara Belgia, melalui kerjasama dengan asiabel yang hari ini akan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama,” ungkap Ali Mazi melalui Pj Sekdanya.

Semua kegiatan yang sudah dilaksanakan, diakuinya, sangat mendukung dan sejalan dengan kebijakan pembangunan Pemerintah Provinsi Sultra, yang diwujudkan dalam agenda utama pembangunan daerah Tahun 2018-2023, yaitu: mewujudkan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi, serta meningkatkan konektivitas dan kemitraan antara pemerintah, swasta dan masyarakat, dalam rangka peningkatan daya saing daerah melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur dan aspek- aspek sosial ekonomi.

Pj Sekda Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD saat bersama Duta Besar Canada untuk Indonesia dan Timor Leste, pihak Kementerian Bappenas, dan Direktur Project NSLIC/NSELRED.

“Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Provinsi Sultra menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak NSLIC/NSELRED, yang telah mendukung pemerintah daerah sejak tahun 2017 sampai dengan Bulan September 2022. Tentunya banyak hasil-hasil yang sudah dicapai melalui program kerjasama ini,” ucapnya lagi.

Dia berjanji, praktek yang sudah dilakukan di 5 kabupaten/kota tersebut, akan dilanjutkan serta mereplikasikan praktik, baik dari program ini ke kabupaten lain sehingga dapat memberikan dampak yang besar pada pembangunan ekonomi lokal di Provinsi Sultra.

“Saya berharap kerjasama dengan Pemerintah Canada yang sudah terjalin sejak lama, tidak akan berakhir dengan berakhirnya pelaksanaan kegiatan project NSLIC/NSELRED di Provinsi Sultra, namun dapat terus terjalin melalui program-program yang lain dimasa yang akan datang. Tertanda Gubernur Sulawesi Tenggara, H Ali Mazi SH,” ucap Pj Sekda Pemprov Sultra.

Dalam pertemuan penutupan project NSLIC/NSELRED tersebut, turut hadir Pj Sekda Pemprov Sultra mewakili Gubernur, Duta Besar Canada untuk Indonesia dan Timor Leste, pihak Kementerian Bappenas, dan Direktur Project NSLIC/NSELRED, perwakilan kementrian dan lembaga, sejumlah bupati dan wali kota, dan berbagai pihak terkait lainnya. (Red)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :