oleh

Kemenparekraf RI Salur 1500 Paket Balasa di Sultra

Faktual.Net, Kendari, Sultra – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyalurkan 1500 paket bantuan Bahan Pokok dan Lauk Siap Saji (Balasa) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin, (10/8/2020).

Bantuan Balasa diserahkan secara simbolik oleh anggota DPR RI Komisi 10, Dra Hj Tina Nur Alam MM kepada Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Daerah Provinsi Sultra, Dr Ir Igede Panca MPd, bertempat di Kantor Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sultra disaksikan perwakilan Kemenparekraf Kepala Seksi Pembiayaan Teknologi Finansial Kemenparekraf, Indriani D.Laratu yang dihadiri para pendamping bantuan Balasa yang merupakan pengurus Forum Usaha Kecil Menengah-Industri Kecil Menengah, (UKM-IKM) Sulawesi Tenggara.

Tina Nur Alam mengatakan bantuan Balasa tersebut diperuntukan kepada pelaku usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19 khusus dua daerah di Sultra yakni Kota Kendari dan Muna barat.

Baca Juga :  Galang Joky Resmi Memimpin Bumdes Berutallasa

“Kenapa cuma dua kabupaten karena kami pikir awalnya 10 ribu bantuan Balasa yang akan dibantu, namun terkait kemampuan anggaran jadi makin turun menjadi seribu lima ratus, jadi saya inisiatif ambil yang mewakili kepulauan dan daratan saja yakni Kabupaten Muna Barat dan Kota Kendari,” jelasnya saat membawakan kata sambutan pada acara penyerahan secara simbolik bantuan Balasa.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf RI, Fadjar Hutomo melalui Kepala Seksi Pembiayaan Teknologi Finansial Kemenparekraf, Indriani D.Laratu mengakui bahwa adanya pandemic Covid-19 berdampak besar pada dunia usaha di sektor pariwisata mengalami pelemahan hingga berdampak pada beberapa hal, antara lain pekerja yang dirumahkan hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Bantuan Balasa diharapkan dapat memberikan dukungan berupa moril dan meteril yang diharapkan dapat meringankan beban para pekerja pariwisata terdampak Covid-19 khususnya di Kabupaten Muna Barat. Bantuan ini di Provinsi Sultra hanya dua kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Muna Barat dan Kota Kendari,” katanya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Gowa Dari Fraksi Perindo Laksanakan Reses di Desa Bilanrengi

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Daerah Provinsi Sultra, Dr Ir Igede Panca MPd dalam kesempatan itu memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih terhadap bantuan paket sembako dari pemerintah pusat melalui Kemenparekraf RI.

“Tentunya bantuan seperti ini merupakan bukti bahwa pemerintah pusat peduli kepada Kabupaten Muna Barat dan Kota Kendari, khususnya lagi dibidang sektor pariwisata. Kami akui memang ketika ada wabah Covid-19 ini memang salah satu yang terkena dampak adalah pariwisata dan bantuan ini cukup berarti,” ucapnya.

Reporter: Marwan Toasa

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :