oleh

Kemenparekraf Apresiasi Agoda GoLocal Tonight dan Hygiene Plus Dukung Kebangkitan Pariwisata

Faktual.Net – Jakarta, Jumat (30/10/2020) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi mengapresiasi peluncuran program Agoda GoLocal Tonight dan Hygiene Plus sebagai upaya untuk mendukung kebangkitan sektor pariwisata di Indonesia yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

Gbr Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, dalam keterangannya, Jumat (30/10/2020), mengungkapkan pandemi COVID-19 berdampak besar terhadap sektor pariwisata di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini memicu terjadinya perubahan tren pariwisata dari wisata murah menjadi wisata aman.

“Wisatawan cenderung lebih mencari destinasi yang aman, dalam artian sudah menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, saat ini wisatawan juga mengutamakan fleksibilitas di sektor transportasi dan akomodasi,” kata Nia.

Nia menjelaskan, Program Agoda GoLocal Tonight merupakan program diskon tambahan hingga 30 persen bagi wisatawan yang melakukan reservasi hotel di kota tempat tinggalnya pada hari yang sama.

Baca Juga :  Kiai Ma'ruf Amin Pimpin Dewan Pertimbangan MUI 2020-2025

Sementara, Hygiene Plus adalah program penerapan protokol kesehatan yang ketat di hotel atau penginapan yang bermitra dengan Agoda yang sesuai dengan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) yang telah disusun oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

“Kemenparekraf mendukung program GoLocal Tonight dan Hygiene plus karena kedua program ini dapat membantu industri akomodasi beradaptasi dengan kebutuhan wisatawan di masa adaptasi kebiasaan baru, serta membantu agar para wisatawan dapat berwisata dengan aman dan fleksibel,” ungkap Nia.

Sebelumnya ia berbicara dalam acara “Agoda GoLocal Tonight & Hygiene Plus Media Briefing” yang digelar secara daring, Selasa (27/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Nia juga mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak, terutama di destinasi-destinasi wisata. “Jadi wisatawan juga wajib memastikan destinasi yang dituju sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan disiplin,” katanya.

Baca Juga :  Munas X MUI Daulat KH Miftachul Akhyar Jadi Ketum MUI 2020-2025

Pada kesempatan yang sama, Country Director Agoda Indonesia, Gede Gunawan, menuturkan kedua program ini merupakan bentuk dukungan Agoda terhadap Pemerintah Indonesia untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di Tanah Air. Selain itu, Gunawan menambahkan, khusus untuk program Hygiene Plus, hotel, dan penginapan yang bermitra dengan Agoda akan menerima sertifikasi Hygiene Plus dari Agoda sebagai penanda bahwa hotel dan penginapan tersebut menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Gunawan juga menambahkan bahwa hotel dapat mengakses dan ikut serta dalam program HygienePlus tanpa dipungut biaya. “Pengelola hotel dan penginapan cukup menerapkan protokol kesehatan secara ketat yang nantinya akan dimonitor oleh tim kami. Jika dinilai memenuhi syarat, maka kami akan memberikan badge Hygiene Plus bagi hotel dan penginapan tersebut,” ujar Gede Gunawan.

Reporter : Umaya

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :