oleh

Kadis Transnaker Harap Produktivitas Bisa Topang Ekonomi UMKM di Sultra

Faktual.Net, Kendari, Sultra – Forum Komunikasi (Forkom) Jejaring Produktivitas, makin eksis berkomitmen mendorong komunikasi dan koordinasi antar stakeholder, dalam upaya mempercepat daya saing dan produktivitas sumber daya manusia (SDM), di Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui rapat koordinasi produktivitas, pada Selasa, 6/3/2021, bertempat di ruang Proni Kantor Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari.

Rakor Fokom Jejaring Produktivitas tersebut bertujuan membahas peningkatkan produktivitas, sektor pemerintah, dunia usaha, akadamisi dan masyarakat serta menyamakan persepsi dalam mendorong peningkatan kualitas SDM di Sultra.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sultra, La Ode Muhammad Ali Haswandy, SE, M.Si sangat mengapresiasi keberadaan Forkom Jejaring Produkduktivitas yang terdiri berbagai unsur multi stakeholder, ia berharap keberadaan Forkom bisa mengangkat kualitas dan menopang pertumbuhan ekonomi UMKM di Sultra.

“Forum ini bukan forum biasa, banyak yang perlu dikoordinasikan melalui forum ini, unsur multi stakehoder yang sangat berkompeten didalamnya diharapkan bisa mengangkat peringkat perekonomian UMKM di Sultra,” urainya dalam pembukaan rakor.

Masih lanjut ia, produktivitas kunci semua penggerak peningkatan ekonomi baik lokal maupun nasional, berpengaruh ke semua sektor. Menurut pengganti Saemu Alwi ini, BPP dan BLK adalah dua lembaga yang keberadaannya sangat luar biasa dalam mensupport kualitas SDM.

Ia pun mengaitkan antara maraknya investasi pertambangan di Sultra dan minimnya serapan tenaga kerja lokal yang dipengaruhi oleh produktivitas SDM yang masih perlu dimaksimalkan.

“Daerah kita yang kaya akan sumber daya alam, kita akui belum mampu mensuport industri yang masuk di Sultra dan tenaga kerja yang mendukung, meski lapangan kerja untuk memproduksi pakaian atau seragam kerja. Olehnya itu dengan hal-hal kecil, kalau bisa kita siapkan industrinya di Sultra, saya kira sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian di Sultra,” ujarnya.

📷Ketgam: Suasana Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Jejaring Produktivitas dan Stakeholder di Kantor BPP Kendari.

Akhir pembukaannya ia menekankan ada pilot project satu kelompok usaha yang dapat menopang pertumbuhan ekonomi UMKM di Sultra, seperti di daerah lokasi transmigrasi yang lebih dapat diarahkan masyrakatnya dengan mengembangkan satu atau dua sektor komoditi usaha baik dibidang pertanian seperti sayur maupun industri rumah tangga seperti kripik ubi.

Baca Juga :  Polres Batang Musnahkan 6228 Botol Minuman Keras

Sementara itu, Kepala Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari, Drs. Andi Asriani Koke, MM., mengharapkan agar Forkom Jejaring Produktivitas yang dibentuk awal tahun 2020 sebelum memasuki pandemi, segera merumuskan hasil yang akan dibawa ke tingkat pusat. Pemerintah tetap berkomitmen meletakkan produktivitas sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia guna mencapai tujuan pembangunan ekonomi nasional, seperti yang tercantum dalam Program Nawacita Pemerintah RI.

“Semoga Forum Komunikasi Jejaring Produktivitas bisa merumuskan hasil yang maksimal, untuk diteruskan ke pusat,” ungkap Andi Asriani Koke, mengawali sambutannya.

Potensi sumber daya alam yang subur di Sultra menuntut untuk di kelola secara baik, lanjut orang nomor satu di jajaran UPTP BPP Kendari yang membawahi sepuluh provinsi se-Indonesia Timur. Bersama pihak perbankan ia menegaskan pihaknya telah siap mendukung jejaring dari sisi permodalan untuk menopang akses modal sektor UMKM. Sisa bagaimana menigkatkan pelayan terhadap kualitas sumber daya manusia. Dicontohkannya di sektor pertanian tanaman Nilam, bagaimana hingga bisa menghasilkan minyak Nilam untuk bahan campuran parfum, dibutuhkan SDM yang terampil mulai petani, termasuk di sektor pariwisata sebagai andalan Provinsi Sultra.

“Dibidang pariwisata contohnya sudah bagus, kita sangat terkenal karena keindahan Wakatobi, namun masih ada cerita yang saya temukan pelayanan yang masih kurang. Ini bagaimana sama-sama kita bangun SDM-nya, bagaimana menuju Indonesia emas dengan pembekalan keterampilan dan kualitas untuk siap mengelola sumberdaya alam, dengan memberdayakan sumber daya manusia yang ada,” tambahnya.

Baca Juga :  Bupati Pekalongan Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2021

Diawal laporan, Ketua Forum Komunikasi Produksi H. Mahaseng Mustafa, MM, menyampaikan kesyukuran keberadaan Kantor UPTP BPP Kemenaker RI, di Kota Kendari, sangat strategis bagi upaya mempercepat penguatan daya saing dan produktivitas sumberdaya manusia khususnya bagi kalangan UMKM di Sultra.

“Forum ini lahir selain bertujuan mendorong upaya peningkatan produktivitas bagi masyarakat pelaku usaha, dengan misi membangun kesadaran produktivitas dan daya saing, juga sebagai mitra BPP Kendari dalam perencanaan program dan membangun sinergitas,” ungkapnya.

Diakui oleh Mahaseng Mustafa, bahwa aktivitas Forkom tahun 2020 lalu, sangat dipengaruhi kondisi pandemi Covid-19, sebab Forkom terbentuk diawal tahun mendekati merebaknya wabah pandemi, sehingga aktivitas kegiatan Forkom bersama BPP masih terbatas terkait antisipasi penyebaran Covid-19.

“Ditahun 2020 hingga hari ini masih ada beberapa hal belum maksimal bisa dilaksanakan. Olehnya itu di tahun 2021 dan selanjutnya kinerja pencapaian kegiatan Forkom lebih baik lagi dari segi kualitas maupun kuantitas,” ungkapnya.

Rapat Koordinasi Forkom Jejaring Produktivitas turut dipandu oleh Ketua Perbarindo Sultra, Ahmad, SE. MM, sekaligus Sekretaris Forkom. Pihaknya mengharapkan rumusan program kerja oleh enam divisi mendapat masukan yang lebih progres dari para stakeholder yang hadir, demi menghasilkan rumusan terbaik.

Jalannya rapat koordiansi yang turut melibatkan unsur multi stakeholder, selain pengurus inti Forkom Jejaring Produktivitas, membuat alot dan hangat dinamika, adanya usulan saran serta masukan terhadap rumusan program kerja Forkom, yang di arahkan secara apik oleh Rince Tambunan dari unsur akademisi yang juga anggota Forkom.

Stakeholder yang turut hadir antara lain perwakilan Kadin Sultra, Apindo, BLK, Koperwan Sultra dan Kota Kendari, DPD Asita Sultra, Yayasan Hermanto, Salon Miss Pink, Caprisca, Forum UKM-IKM Sultra, Asima Kota Kendari, perwakilan media cetak dan elektronik, serta pegawai lingkup BPP Kendari.

Reporter: Wa Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :