oleh

Inovasi Ramah Lingkungan, PLTU Nii Tanasa Produksi Paving Blok dan Batako Berbahan Limbah Abu Batubara

-Ekobis, Ragam-60 views

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Diproduksi PLTU Nii Tanasa, Paving Blok dan Batako Berbahan Fly Ash PLN Unit PLTU Nii Tanasa terus berinovasi. Memanfaatkan teknologi ramah lingkungan, limbah abu batubara (Fly Ash) kini bermetamorfosis menjadi produk paving blok dan batako. fly ash digunakan untuk menggantikan Semen Portland pada Beton, karena mempunyai sifat Pozzolanic. Hal ini dimungkinkan terjadinya peningkatan kekuatan dan durabilitas dari Beton.

Tentu pemanfaatan fly ash tetap mengacu pada kaidah regulasi yang ada. PLN UPDK Kendari yang membawahi unit PLTU Nii Tanasa langsung tancap gas membuat produk paving blok dan batako dari limbah abu batubara sesuai kebutuhan. Kendati masih menggunakan peralatan semi hidraulik.

“Beroperai mensuplay kebutuhan internal PLN dan CSR.” ungkap Musriyadi kepada faktual.net pada Sabtu, 12/6/2021.

Pejabat Pelaksana Lingkungan PLN UPDK Kendari, Musriyadi membeberkan, pemanfaatan limbah tersebut, sebagai program pengurangan limbah di pembangkit listrik sesuai amanat Undang-undang.

Baca Juga :  Gerai Vaksin Presisi, TNI Polri Tinjau Vaksinasi Massal Dosis 2 

Apalagi lanjut jebolan Teknik Mesin UHO ini, fly ash sebagai produk akan terus dikembangkan produknya. Ia pun merunut, terbitnya PP 22 tahun 2021 limbah FABA dikeluarkan dari kategori limbah B3. Sehingga kata Musriyadi, menjadi tantangan buat produsen limbah FABA untuk terus berinovasi dengan dukungan pemerintah serta pihak-pihak yang berkompeten yang bisa memaksimalkan produk dari FABA.

Batako Berbahan Abu Batubara

”Di Sultra yang tidak memiliki pemanfaatan External dalam jumlah banyak seperti Pabrik Semen, harus mendapat sokongan pemerintah.” Pinta Pejabat Pelaksana Lingkungan PLN UPDK Kendari ini.

Produk paving blok dan batako dari limbah abu batubara, rupaya sudah dimanfaatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Konawe, halaman kantor DLHK setempat kini sudah tertata rapi memanfaatkan produk ramah lingkungan dari PLTU Nii Tanasa.

”Mendukung upaya dari PLN, sangat berfaedah dan akan kami mempromosikan ke pihak lain.” Terang Jayadin.

Baca Juga :  Gabungan TNI-POLRI Imbau Warga Protokol Kesehatan dan Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Pejabat DLHK Konawe itu tak mau ketinggalan, DLHK Kota Kendari, telah lebih dulu menggunakan paving blok dan batako dari PTLU Nii Tanasa tersebut. Kongkritnya halaman dan pagar Bank Sampah Induk Berkah Mandiri sudah terpasangi.

Sainul Latief. ST. Kasie Pengurangan Sampah dan Limbah B3 mengapresiasi kerja keras PLN yang berinovasi dalam pembuatan paving blok dan batako.” Kualitas dan kuantitas harus terus dintingkatkan.” Ujar Mantan Lurah Puuwatu ini.

Sekedar diketahui, secara umum pengertian fly ash adalah partikel halus (berupa abu) sisa hasil pembakaran batubara, abu yang naik dan terbang disebut fly ash. Sedangkan yang tidak naik disebut bottom ash. Sumber utama FABA berasal dari pembakaran batubara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Redaksi

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :