Ibu-Ibu Dusun Buloa Gowa, Rutin Membudidayakan TOGA Setiap Sabtu

77

Faktual.Net. Gowa, Sulsel. Ada pemandangan yang menarik pada setiap Sabtu di Kampung KB Dusun Buloa, Desa Rappolemba, kegiatan rutin ibu-ibu RT 01 RW 02 penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Tidak ketinggalan pada Sabtu, 29/12/2018, ibu-ibu yang dipimpin langsung oleh RT 01 Syamsinar kembali melaksanakan aktivitas rutin tersebut.

Saat di jumpai media, Syamsinar mengatakan bahwa apa yang dilakukan olehnya bersama ibu-ibu dilingkungannya semoga bisa menjadi inspirasi bagi ibu-ibu di RT lain bahkan didesa lain.

Baca Juga :  KKN Kebangsaan Resmi Dibuka Oleh Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti

Menurut Syamsinar, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menanam TOGA, selain berfungsi sebagai tanaman hias, juga berfungsi sebagai obat herbal yang setiap saat bisa dimanfaatkan.

Adapun jenis TOGA yang dibudidayakan bermacam-macam, mulai daun sirih, bunga kaddoro buku (istilah orang Makassar) dan masih banyak lagi jenis tanaman obat yang bisa di manfaatkan oleh warga setempat.

Masih dengan Syamsinar bahwa TOGA memiliki manfaat untuk mengobati beberapa penyakit, mulai tipes, maag dan sebagainya.

Baca Juga :  PK IMM Ahmad Dahlan & AR Fachruddin FKIP UMK Di Lantik

Saat media mengkonfirmasi kepala desa Rappolemba Abdul Harim, dirinya sangat mendukung terhadap apa yang dilakukan ibu-ibu, khususnya pembudidayaan kaddoro buku.

Menurut Abdul Harim tanaman ini memiliki manfaat yang banyak dan dirinya akan memprogramkan penanaman kaddoro buku disetiap pekarangan rumah warga.

Reporter : Saenal Abidin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :