oleh

Gaji PNS Konsel Bulan Februari Segera di Bayarkan

Faktual.Net, Konsel, Sultra. Gaji bulan februari Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) yang sempat tertunda akan segera dibayarkan.

Hal ini disampaikan kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), DR Sahlul SE M terkait keterlambatan pembayaran gaji PNS.

“Insya Allah satu dua hari gaji PNS Konsel untuk bulan februari sudah mulai dibayarkan,” katanya Sahlul kepada wartawan media ini saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu, 26/2/2020.

Sahlul menjelaskan keterlambatan pembayaran gaji bulan februari hanya terjadi disebagian PNS konsel saja.

“Jadi untuk pembayaran gaji bulan februari sudah ada sebagian yang dibayarkan seperti DPRD, dan beberapa OPD. Kalau yang belum diantaranya sekretariat daerah, kecamatan dan kelurahan,” terangnya.

Dia menjelaskan keterlambatan pembayaran gaji tersebut disebabkan siklus keuangan antara uang masuk dan uang keluar tidak berimbang. Yang mana uang belanja gaji lebih besar.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Corona, Pemkot Tikep Batasi Aktivitas Warga Di Malam Hari

Sehingga, lanjut dia, pihaknya berinisiatif sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) yang dialokasikan untuk pembayaran dua bulan gaji PNS dialihkan untuk membiayai dana rutin seperti kebutuhan kantor agar supaya roda pemerintahan di konsel bisa berjalan lancar.

“Makanya ada sebagian PNS kita belum bayarkan gajinya karena persoalan itu dan ini demi kelancaran roda pemerintahan di konsel,” katanya.

Selain itu, kata Sahlul, sebagian DAU digunakan untuk membiayai utang jangka pendek seperti retensi kegiatan tahun 2019 yang belum dibayarkan serta membiayai persiapan pilkada.

“Jadi uang yang masuk sebagian kita sedot untuk membayar itu dan pencairan pertama ini kurang lebih 5 miliar untuk membiayai persiapan pilkada,” jelasnya.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Polsek Tompobulu Polres Gowa Tempelkan Selebaran Himbauan Pemerintah Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

Dia menjelaskan pemkab konsel akan menerima dana kurang salur dari pemerintah pusat senilai 35 miliar . Namun, lanjut dia, dana tersebut sampai saat ini belum disampaikan ke Pemkab konsel.

“Akhirnya mempengaruhi beberapa pembayaran yang sifatnya kami tunda termasuk sebagian gaji PNS,” ucapnya.

Meski demikian, pemerintah daerah sangat menyadari dan menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pembayaran gaji PNS yang tidak disengaja.

“Kami sadari atas persoalan ini. Makanya kami berharap agar para PNS untuk bisa bersabar dan Insya Allah dalam waktu satu atau dua hari ini dana transfer dari pusat sudah masuk kami langsung akan bayarkan,” ucapnya lagi.

Reporter: Marwan Toasa

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :