Empat Puskesmas Di Tidore Telah Terakreditasi

117

Faktual. Net, Tidore – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu terhadap masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan mengaku bahwa untuk saat ini sudah terdapat empat puskesmas di Kota Tidore Kepulauan yang sudah terakreditasi, meskipun akreditasinya masih dalam tingkatan Dasar dan Madya.

“Akreditasi ini ada tiga tingkatan, diantaranya Dasar, Madya dan Paripurna, untuk tidore senidiri belum mencapai pada level Paripurna yang merupakan tingkiatan tertinggi dalam akreditasi. Dan untuk saat ini Puskesmas Soasio dan Puskesmas Tomalou masuk kategori Akreditasi Madya, sementara Puskesmas Galala dan Puskesmas Rum Balibunga Akreditasi Dasar,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Tikep dr. Abdullah Maradjabessy saat ditemui Faktual.Net pada Jumat, 12/10/2018 di kantor walikota Kota Tikep.

Baca Juga :  Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Personil Polsek Bungaya Polres Gowa Gelar Operasi Cipta Kondisi

Lebih lanjut, lelaki yang akrab disapa dengan sebutan dr. Dula itu menjelaskan bahwa untuk kelanjutan akreditasi terhadap puskesmas lainnya yang berada di Kota Tidore Kepulauan, saat ini juga terdapat tim indpendent yang ditugaskan oleh Kementrian Kesehatan untuk melakukan Akreditasi pada empat puskesmas lainnya yang berada di Tidore diantaranya Puskesmas Tomadou, Puskesmas Ome, Puskesmas Talaga Mori, dan Puskesmas Akelamo.

“Kita awalnya siapkan ada lima Puskesmas yang mau diakreditasi tahun ini, hanya saja untuk Puskesmas Payahe gedungnya baru dibangun sehingga menunggu satu tahun kemudian, jadi soal akreditasi ini akan dilakukan tiga tahun sekali terhadap setipa puskesmas,” ujarnya.

Baca Juga :  Cegah Gangguan Kamtibmas Jelang Pilkada 2020,Personil Polsek Bungaya Intens Kunjungi Kantor Bawaslu

Sementara terkait dengan tujuan daripada Akreditasi, kata dr. Dula tidak lain hanya untuk memenuhi standar pelayanan, sehingga dengan begitu harapan masyarakat akan pelayanan prima bisa tercapai sebagaimana mestinya, untuk itu perlu diperhatikan standar pegawai, standar fasilitas dan Standar Operasional Prosedur (SOP), pasalnya jika puskesmas sudah bisa bekerja sesuai standar maka kinerja dari puskesmas tersebut bisa dikatakan telah bermutu.

“Akreditasi ini juga meningkatkan kepercayaan diri bagi puskesmas serta menjawab harapan masyarakat akan pelayanan prima, sehingga masyarakat juga merasa puas akan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh setiap Puskesmas,” tambahnya.

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :