oleh

Dinkes Kendari Gelar Sertifikasi Keamanan Pangan bagi 72 IRT Kota Kendari

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Dinas Kesehatan Kota Kendari (Dinkes Kendari) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Dan Pelatihan Sertifikasi Bagi Pengelola IRT Se – Kota Kendari Tahun 2020. Bertempat di Aula Diskes Kendari, kegiatan ini diikuti oleh 72 pelaku UMKM yang telah terdaftar memiliki SP PIRT pada Dinkes Kendari.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut yakni tanggal 26 dan 27 Agustus 2020 dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kendari, dr. Putu Agustin Kusumawati mewakili Kepala Dinas yang sedang mengikuti agenda lain yang sama pentingnya.

dr. Putu Putu Agustin Kusumawati dalam sambutannya mengatakan bahwa pembahasan keamanan pangan, bukan hanya keamanan mengkonsumsi pangan olahan hasil produk UMKM tetapi lebih luas lagi adalah bagaimana masyarakat mengelola pangan yang aman dan higienis dikehidupan sehari – harinya.

Baca Juga :  Gugus Covid-19 RI Kejar Tayang Pakai Masker Lupakan Edukasi Prosedur Penanganan Kesehatan di Rumah Sakit Rujukan dan Wisma Atlit
Muslimin (tengah) Saat Memandu Kegiatan

Pada kegiatan sertifikasi tersebut, Dinkes Kendari menghadirkan pembicara – pembicara yang berkompeten dibidangnya.
1. Kepala Balai POM di Kendari, Firdaus Umar, S.SI.,APT membawakan 3 materi, Peraturan Perundang – Undangan di Bidang Pangan, Keamanan dan Mutu Pangan, Aspek Penerapan Higieni dan Sanitasi.

2. Kasie Bimdal Kefarmasian dan Alkes Dinkes Provinsi Sultra, Rio Bravo Silondae, S. Farm, APT membahas Evaluasi Pengawasan Keamanan Pangan.

3. PTSP Kota Kendari membahasa Cara Mengurus NIB via Online.

4. Layanan Informasi dan Komunikasi BPOM di Kendari, Dra. Hasnah Nur, APT., MPH, membawakan 3 materi Pedoman Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik, Bahan Tambahan Pangan, Label dan Iklan Pangan Olahan.

Baca Juga :  Temukan Satu Pelanggar, Wakapolsek Kepulauan Seribu Utara : Masyarakat Sudah Patuh Aturan Protkes
Peserta Sertifikasi

Kegiatan yang berlangsung Pukul 07.30 WITA – 17.00 WITA tersebut dipandu oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kendari, Muslimin dan Staf Seksi Kefarmasian Dinkes Kendari, Niswari.

Pantauan faktual.net, kegiatan yang dilakukan secara langsung tersebut terlaksana dalam penerapan protokol kesehatan yang ketat, 72 peserta dibagi dalam 2 hari masing – masing 36 peserta, peserta wajib menggunakan masker dan pengaturan kursi berjarak antar peserta.

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :