Dinilai Pemborosan, Jalan Berlubang Di Jakarta Timur Hanya Di Hotmix

faktual.net, Jakarta – Jalan Berlubang di Jakarta Timur Bekas Galian Utilitas maupun Rusak karena Anjlok yang dikerjakan oleh Petugas Sudin Bina Marga Jaktim hanya di Hotmix tidak di betonisasi seperti sebelum digali, yang dinilai sebagai pemborosan.

Terlihat Satgas Bina Marga Jaktim sedang menambal Jalan yang rusak berlobang di Jalan Pondok Kelapa Raya No 1 -7, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta, dengan di hotmix.

Robet Ketua Lsm Tipikor Indonesia DPD DKI Jakarta yang Pernah Sebagai Rekanan Pemerintah sebagai Kontraktor dibidang Kontruksi menilai, Penambalan Bekas Galian Utilitas maupun Jalan Rusak Karena Anjlok yang hanya ditambal Redimix hanya Pemborosan Anggaran, karena hotmix dinilai Tidak Memiliki Kekuatan Konstruksi.

Robet menanggapi Jalan Berlubang yang di hotmix saat dikonfirmasi (11/4), Jalan yang berlubang akibat Galian di Jakarta Timur, Kenapa Sudin Bina Marga Jakarta Timur yang memperbaiki?, bukankah itu harusnya pihak kontraktor swasta yang melakukan penggalian pemasangan kabel ataupun Pipa yang harus memperbaiki kembali?.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Pulau Kelapa Gelar Sambang Warga untuk Cooling System Pasca Pemilu 2024

“Ada apa sudin bimamarga Jakarta Timur memperbaiki Galian ?, karena seharusnya galian harus ada Izin dari dinas bina marga, dan memperbaiki galian seharusnya kembali seperti semula yaitu galian harus dipadatkan, dan apabila jalan dibobok corannya setebal 30 cm dengan memakai redimix K 350,” Jelas Robert

Robert melanjutkan, Jalan yang digali harus dikembalikan betonisasi bukan hanya di redimix, galian Vendor Utilitas yang dibongkar adalah jalan dari Redimix K 350 Fast Track sesuai Spesifikasi Bina Marga.Hubungan Hotmix dengan mutu Konstruksi Redimix K 350 Fast Track sesuai Spesifikasi yaitu,
-Galian dipadatkan
-Beton K BO seperti lantai kerja 5 cm
-Tiebar dan besi
-Redimix K 350 Fast Track.

“ini pekerjaan bina marga yang mengakibatkan diduga anggaran gudang tidak berfungsi dengan semestinya, penambalan jalan yang dikerjakan ASAL JADI setelah dijalani mobil turun dan berlobang lagi, itu akan terus menerus terjadi, ” Ucap Robert.

Sementara itu Kasudin Bina Marga Jakarta Timur Benhard Hutajulu menerangkan secara daring,(11/4 14.36), Jalan Berlubang di Jalan Pondok Kelapa Raya No 1 -7, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jaktim, bukan Galian Utilitas melainkan Jalan yang Anjlok, karena Galian Utilitas tidak memanjang, tapi Setempat- setempat. Dan untuk Jalan Berlubang bekas Galian Utilitas cirinya tidak panjang dikerjakan oleh pihak Vendor, dan Sudin BM Jaktim sudah kordinasi kepada Dinas BM DKI agar pihak Vendor memperbaikinya. Dan Benhard Hutajulu belum menjelaskan sejak kapan dilakukan kordinasinya.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa Adakan Cooling System dalam Subuh Keliling

“Galian utilitas tidak memanjang, tapi setempat-setempat, kita minta vendornya yang perbaiki, dan kita kordinasikan ke dinas yang memberikan ijin agar perintahkan vendor utilitasnya perbaiki,” Kata Bernhard Hutajulu.(zul/Tim)

Tanggapi Berita Ini