Dinas Pertanian Wakatobi Gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Produk Pertanian

131
Pembukaan Kegiatan Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi, di Aula Sanggar Budaya Wakatobi, pada Rabu, 4/12/2019

Faktual.Net, Wakatobi, Sultra. Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi melaksanakan pelatihan pengolahan produk pertanian di Sanggar Budaya Kabupaten Wakatobi, pada Rabu, 4/12/2019.

Hal ini dilakukan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang salah satunya mendukung sektor pertanian Wakatobi sebagai penunjang kabupaten maritim.

Pelatihan ini bertujuan mengembangkan potensi sumberdaya manusia (SDM) untuk mereplikasi produk olahan pertanian agar lebih berdaya dan bernilai sehingga dapat menjamin kesejahteraan masyarakat secara umum.

La Hamu, Asisten II mewakili Bupati Wakatobi H. Arhawi, menyebutkan pengolahan hasil pertanian paska produksi harus dikelola dengan baik. Ini dilakukan untuk mensinergikan dengan sektor pariwisata melalui kuliner khas wakatobi.

Baca Juga :  Dishub Bersama KUPP Gelar Pertemuan Dengan Motores

“Diperlukan kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan sektor pertanian untuk menunjang sektor pariwisata berbasis kapasitas sumberdaya manusia yang selaras dengan program daerah” jelasnya saat sambutan.

Kegiatan yang berlangsung hingga 5 Desember ini melibatkan unsur pemberdayaan masyarakat kabupaten dan kecamatan yakni Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dharma Wanita serta pelaku usaha agribisnis sebanyak 140 peserta.

Plt. Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Wakatobi, Romeo Sahrir mengatakan pelatihan dilakukan untuk membekali masyarakat dalam mengelola seluruh produk hasil pertanian yang dikembangkan melalui paska produksinya menjadi lebih bernilai.

Baca Juga :  23 Kades Terpilih Resmi Dilantik

“Tujuan kita bagaimana meningkatkan kompetensi dan kapasitas pengolahan paska produksi pertanian ini sehingga masyarakat bisa meningkatkan pendapatan perkapita dalam keluarga” ujarnya pada faktual.net.

Harapan dia “Agar Petani bisa bersinergi menjalankan usaha itu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat paska produksi” tutup pelaksana kadis tersebut.

Untuk lebih menambah kapasitas peserta, materi kegiatan diselipi praktek produksi pengolahan hasil pertanian dari narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Reporter : La Ode Haeruddin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :