Dinas Pariwisata Konsel Naik Menjadi Tipe A

13

Faktual.Net, Konsel, Sultra. Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), naik peringkat dari tipe C ke tipe A. Peringkat A ini disematkan karena Konsel dinilai memiliki potensi wisata yang berlimpah, diantaranya Air Terjun Moramo, Desa Wisata Namu, yang banyak dilirik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Konsel, Subair kepada wartawan Faktual.Net saat dikonfirmasi diruangannya, pada Jum’at, 11/10/2019.

Subair juga mengatakan, dengan raihan predikat A, dinas yang dipimpinya sejak bulan april tahun 2018 itu telah memberikan dampak positif bagi struktur dinas pariwisata. Sebelumnya tipe C dengan hanya memiliki 1 kadis, 1 sekretaris dan 2 bidang saja. Namun kini telah betambah dengan memiliki 4 bidang dengan setiap bidangnya membawahi 3 sub bidang.

Baca Juga :  Arsalim dan Sekda Konsel Tinjau Persiapan Lokasi HPS di Pudambu

” Bidang-bidang itu yakni bidang pengembangan destinasi pariwisata dan industri pariwisata, pengembagan pemasaran pariwisata, ekonomi kreatif, dan pembangan sumber daya pariwisata,” sebutnya.

Subair menjelaskan, kepastian kenaikan dari tipe C ke A itu diputuskan setelah DPRD Konsel menindak lanjuti rekomendasi Kemendagri melalui pemerintah provinsi, dan juga berdasarkan tiga indikator penilaian yang sudah lebih dulu dilakukan bebrapa waktu lalu.

Dia mengatakan, tiga item penilaian yang menjadi indikator penilaian, pertama, jumlah usaha pariwisata, jumlah zona kreatif dan jumlah destinasi wisata.
“Saat ini kita masi menunggu harmonisasi dan penyesuaian yang dilakukan pemerintah provinsi yang kemudian akan dikembalikan ke pemerintah daerah diteruskan ke DPRD Konsel untuk disahkan menjadi sebuah perda,” jelasnya.

Baca Juga :  Surunuddin dan Bahasmi Kembalikan Berkas Formulir Cabup dan Cawabup Konsel di Partai Demokrat

Subair menambahkan, dari hal tersebut juga dalam pengelolaan dan pengembangan serta pembanguanan sektor pariwisata di Konsel akan terus mengalami peningkatan. Dan juga akan memberikan pendapatan asli daerah yang semakin meningkat dari sebelumnya.

Meski demikian, kata Subair, Hal ini tak lepas dari kerja keras serta peran Bupati Konsel untuk menggenjot potensi wisata di Konsel. Sehingga mendapat pengakuan hingga ke manca negara dan mampu bersaing dengan wisata-wisata daerah lain.

“Kami sudah berkomitmen bahwa Ini akan terus kita majukan dan kembangkan secara bersama sama,” tutupnya.

Reporter: Marwan Toasa

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :