oleh

Darurat Korupsi Kepala Daerah Dibahas Habibie Center

Faktual.Net, Jakarta. Bertempat di Hotel Le Meridien, Jakarta. Habibie Center gelar Seminar Nasional bertema “Darurat Korupsi Kepala Daerah”. Seminar ini dibuka oleh Hadi Kuntjara (Direktur Eksekutif The Habibie Center) dan Daniel Heilmann (Chairman Hanns Seidel Foundation Indonesia) pada Rabu, 14/11/2018.

Pada kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. Sofian Effendi (Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara) sebagai Pembicara Kunci.

Terdapat empat narasumber yang terdiri dari Bambang Widjojanto (Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi KPK periode 2011 – 2015). Meuthia Ganie Rochman (Dosen Sosiologi FISIP UI, Mantan Anggota Panitia Seleksi KPK), Bawono Kuncoro (Kepala Penelitian Bidang Politik & Pemerintahan The Habibie Center) dan Titi Anggraini (Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi) serta dimoderatori oleh M. Hasan Anshori (Direktur Program & Riset, The Habibie Center).

Penyelenggaraan seminar nasional ini bertujuan untuk membahas fenomena operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Kepala Daerah dari prespektif hukum & politik, menggali faktor-faktor pendorong kepala daerah melakukan korupsi serta memberi masukan kepada para pemangku kebijakan (stakeholders) bagi perbaikan regulasi di masa mendatang untuk mencegah korupsi kepala daerah.

Tujuan seminar tersebut berangkat dari fenomena meningkatnya jumlah kepala daerah yang terjerat dan diproses oleh KPK terkait tindak pidana korupsi. Peningkatan tersebut mencapai hampir tiga kali lipat dibanding tahun 2017.

Fenomena ini kemudian memunculkan pertanyaan mengapa para kepala daerah tetap nekad melakukan korupsi dengan mempertaruhkan karir politik mereka? Sejauh ini ditemukan dua alasan dasar, yakni bobot saksi dan ongkos politik.

Reporter : Johan Sopaheluwakan / Lili J

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :