Bupati Konsel Buka Kegiatan Talk Creatif Talk Preneur

35

Faktual.Net, Konsel, Sultra. Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga, ST, MM membuka kegiatan acara Creative Talk Preneur bertempat di Taman Kota Ruang Terbuka Hijau (RTH), pada Rabu, 9/10/2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komunitas Konsel Kreatif atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pariwisata Bidang Ekonomi Kreatif, dengan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero.

Dalam Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Konsel, DR H Arsalim Arifin SE MSi, Pimpinan Cabang PT. PNM Cabang Kendari, Salim, Kadis Perindustrian perdagangan (Perindag)Konsel, Siti Hadijah, Kadis Koperasi, dan Camat Andoolo yang diikuti 120 peserta pelaku ekonomi kreatif.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga melihat hasil kreatifitas pelaku ekonomi kreatif Konawe Selatan

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dalam sambutannya mengatakan,dengan Kehadiran PT.PNM (Persero) ditengah kelompok usaha kreatif yang ada di Konsel, memberikan angin segar bagi perkembangan pelaku usaha dalam meningkatkan usahanya, sehingga mendorong pendapatan ekonomi masyarakat.

Olehnya itu, dia berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan pelaku ekonomi kreatif baru. “Salah satu strategi pemda Konsel untuk melahirkan enterpreneur baru atau dunia usaha baru melalui kegiatan seperti ini,” katanya.

Baca Juga :  Surunuddin dan Bahasmi Kembalikan Berkas Formulir Cabup dan Cawabup Konsel di Partai Demokrat

Dalam kesempatan itu juga, Surunuddin menyampaikan, keberadaan komunitas penggerak kreativitas dan usaha kreatif pemerintah daerah memberikan apresiasi atas kerja keras sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik.

Dia mengatakan, bentuk dukungan lain Pemda kepada pelaku ekonomi yakni dengan beberapa kali mengirim pelatihan diluar daerah, dan mengusahakan bantuan peralatan baik dari daerah maupun dari pusat.

Bupati Konawe Selatan, Sirajuddin Dangga, Didampingi Wakil Bupati Konawe Selatan Arsalim Arifin Saat Menerima Plakat

Surunuddin menjelaskan, keberadaan APBD Konsel sangat kecil dalam mendukung kegiatan seperti ini. Sehingga perlu ada upaya yakni disiasati dengan bantuan dari pemerintah pusat. Untuk mendapatkan hasil yang besar selalu terpadu antara pemerintah pusat dan daerah serta PNM.

“Kalau kita berfikir ukuran APBD tidak bisa kita berkembang. unsung saat ini PNM dari tahun 2016 sudah membantu kita,” katanya.

Baca Juga :  Arsalim dan Sekda Konsel Tinjau Persiapan Lokasi HPS di Pudambu

Dia menerangkan, dengan dukungan potensi sumber daya alam yang ada dan kemajemukan suku menjadi sebuah kekuatan guna mendorong program kreatif yang mampu menggerakan ekonomi masyarakat.

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, kata Surunuddin, pertumbuhan komunitas kreatif terus mengalami kemajuan. hal ini ditunjukan dengan berkembangnya komunitas pelaku ekonomi kreatif baru baik dari sektor film, kriya maupun kuliner.
“Alhamdulillah sejak tahun 2016 ditingkat kementrian ekonomi kreatif, Konsel menjadi salah satu kabupaten dari 17 kabupaten di Sultra,” katanya.

Orang nomor satu di Konsel ini juga berharap program kegiatan PT PNM akan terus berlanjut dan menjadi langka awal dalam pelibatan sektor sektor usaha kreatif yang ada di Konsel sehingga tercipta kerjasama yang baik bagi antara komunitas,pemerintah daerah, dengan PT PNM persero.

Reporter: Marwan Toasa

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :