oleh

Bantu Ketahanan Pangan, Pemprov Sultra Salurkan 100 Ton Beras di Buteng

Faktual.Net, Buton Tengah, Sultra – Guna membantu ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Ketahanan Pangan telah menyalurkan lebih dari 100 Ton beras kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Kepala Seksi (Kasi) Konsumsi Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra, Subaidi Toba, STP., M.Si menyerahkan langsung bantuan tersebut secara simbolis kepada Bupati Buteng, H. Samahuddin, SE yang didampingi Kepala Dinas Pangan Buteng, Hasan Tali, S.Pd di pelataran kantor Sekretariat Pemda Buton Tengah, Rabu (24/6/2020).

Bupati Buteng, H. Samahuddin, SE (Kedua dari kanan) menerima secara simbolis bantuan beras dari Kasi Konsumsi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra, Subaidi Toba, STP., M.Si

Subaidi menyebutkan, sesuai data yang ia terima dari pihak Pemda Buteng, bantuan beras tersebut ditujukan kepada 5.595 Kepala Keluarga (KK) terdampak Covid-19, dengan porsi 18 Kilogram tiap KK.

Baca Juga :  Walikota Tidore Serahkan 424 Paket Bantuan Parekraf

Bantuan beras tersebut disuplai oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Baubau atas kerjasama dan permintaan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra.

Penyaluran tahap pertama dilaksanakan pada Rabu 24 Juni 2020 di empat Kecamatan, yaitu Gu, Lakudo, Mawasangka Timur dan Kecamatan Sangia Wambulu. Sedangkan penyaluran tahap dua di tiga Kecamatan lainnya yakni Mawasangka, Mawasangka Tengah dan Talaga Raya dilangsungkan pada Kamis 25 Juni 2020, yang akan disebar ke 67 Desa dan 10 Kelurahan.

“Bantuan ini ditujukan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, jadi bantuan ini kami antar sampai pada titik bagi di setiap desa/kelurahan, kami hanya ditugaskan untuk menyerahkan kepada kepala desa maupun lurah berdasarkan data dan daftar nama yang telah disiapkan dari Pemda,” ungkap Subaidi Toba.

Baca Juga :  Sukseskan Kunjungan Mendagri, Polres Gowa Laksanakan Gladi Bersama Instansi Terkait

Sementara itu, Bupati Buteng H. Samahuddin, SE mengaku sangat berterimakasih atas bantuan yang dikucurkan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra kepada ribuan warga Buteng.

“Alhamdulillah hari ini ada kerjasama dari Pemerintah daerah dan pihak provinsi, yang dapat bantuan ada sekitar 5.595 kepala keluarga, dan ini peruntukannya bagi kepala keluarga yang belum mendapatkan BLT DD dan BLT Kemensos, terutama warga yang ada di kelurahan dan selebihnya di desa-desa,” ujarnya.

Dikatakannya, pada penyaluran bantuan beras tersebut pihak Pemda Buteng lebih memprioritaskan warga miskin terdampak Covid-19 di setiap kelurahan.

“Di tingkat kelurahan banyak yang belum mendapatkan bantuan dari pusat. Jadi yang kita utamakan adalah warga yang kemarin belum pernah tersentuh bantuan,” pungkas Samahuddin.

Reporter: Anto Buteng

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :