oleh

Apdesi Apresiasi Proses Pilkades Di Tidore

Faktual,Net. Tidore, Malut. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kota Tidore Kepulauan mengapresiasi kepedulian Pemerintah Daerah Kota Tikep dibawah Kepemimpinan Ali Ibrahim Dan Muhammad Sinen yang sukses menyelenggarakan proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 26 Juni 2021 lalu.

Melalui ketuanya, Muchlis Malagapi mengatakan bahwa berkat kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore Kepulauan, dan Panitia Pelaksana yang berada di tingkat Desa dapat mensukseskan proses Pilkades dengan baik. Meskipun Pasca Pilkades terdapat riak-riak kecil akibat adanya ketidak puasan dari pasangan Calon tertentu, namun hal itu tidak mengubah hasil dari proses Pilkades tersebut hingga berakhir dalam suasana yang kondusif.

Untuk itu, sebagai Ketua Apdesi Kota Tikep yang merupakan mitra Pemerintah Daerah, sebagaimana tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) BAB III Pasal 6 huruf 1 dan 2, menyarankan kepada Pemerintah Daerah agar dalam menyikapi problem Desa pasca Pilkades dapat menjadikan regulasi sebagai acuan untuk berpijak, sehingga setiap keputusan yang dilahirkan dapat diterima oleh pihak yang kalah maupun yang menang.

“Kita tau bersama bahwa pasca Pilkades tentu ada pihak-pihak terkait yang akan menggugat hasil daripada pilkades itu sendiri, namun ini merupakan wujud dari sebuah demokrasi yang harus dihargai. Tetapi besar harapan kami, agar Pemerintah Daerah dalam menindaklanjuti gugatan tersebut harus bersandar pada aturan yang berlaku, sehingga dengan begitu setiap keputusan yang diambil dapat diterima oleh semua pihak,” ungkapnya saat ditemui awak media, di Kantor Walikota, Jumat, (2/7/21)

Selain itu, lanjut lelaki Yang juga merupakan Kepala Desa Maitara Tengah dua Periode ini, jika hasil dari Pilkades itu kemudian tidak lagi bermasalah, maka diharapkan agar pasca Pelantikan, Kepala-Kepala Desa terpilih sudah dapat merumuskan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang bersesuaian dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tidore Kepulauan tahun 2021-2026.

“Kami berharap agar RPJMDes bagi Kepala-Kepala Desa yang terpilih ini bisa bersinergi dengan RPJMD Kota Tidore Kepulauan. Sehingga dengan begitu, apa Yang menjadi Visi Besar Walikota Ali Ibrahim Dan Wakil Walikota Muhammad Sinen untuk Membangun Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi dapat terwujud,” ujarnya.

Lagipula, kata Ulis, penyesuaian RPJMDes dengan RPJMD ini, juga diamanahkan dalam Permendagri Nomor 114 Tentang Pedoman Pembangunan Desa, dengan tujuan terciptanya keselarasan Pembangunan antara Pemerintah Desa Dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Selain itu, Desa juga menjadi unjung tombak dalam mewujudkan semangat President Republik Indonesia Joko Widodo, untuk membangun Kota dari Desa.

Reporter : Aswan/Ute

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :