oleh

Aparat Pemkot Jakut Diduga Belum Sanggup Penegakan Aturan Dalam Penataan Tata Ruang Di Jakarta utara


Faktual.Net,Jakarta utara,
Setiap pejabat pemerintah yang menerbitkan izin tidak sesuai dengan rencana tata ruang dipidana dengan pidana penjara paling lama 5(lima) tahun dan denda paling banyak Rp.500 juta. Selain sanksi pidana, pelaku dapat dikenai pidana tambahan berupa pemberhentian secara tidak dengan hormat dari jabatannya.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah, Soal fisik bangunan yang tidak sesuai dengan IMB, aturan di DKI Jakarta diatur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 7 Tahun 2010 tentang Bangunan Gedung (“Perda DKI Jakarta 7/2010”).

Setiap orang yang akan mendirikan bangunan wajib memiliki IMB. IMB diterbitkan atas setiap perencanaan teknis bangunan gedung yang telah memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis bangunan gedung sesuai dengan fungsi dan klasifikasi bangunan gedung.

Baca Juga :  Ketua Bhayangkari Ranting Limpung Ajak Anggota Pramuka Bijak Bermedsos

Jika dalam pelaksanaan pembangunan bangunan gedung terjadi ketidaksesuaian terhadap IMB dan/atau menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan, pengawas pelaksanaan wajib menghentikan sementara pelaksanaan pembangunan bangunan gedung serta melaporkan kepada Dinas.

Jika terdapat ketidaksesuaian, pemilik bangunan gedung, pengguna bangunan gedung, penyedia jasa konstruksi bangunan gedung dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3(tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta.

Aturan tentang pendirian bangunan di Kota Administrasi Jakarta Utara yang tertuang dalam Peraturan Daerah maupun Peraturan Gubernur hanya isapan jempol, aparatur Negara belum mampu hadir untuk melaksanakan Penegakan Hukum dalam penataan Tata Ruang di Ibukota Jakarta.

Seperti terlihat pendirian baru Gedung peruntukan Apotik di Jalan Anggrek Nomor 37 RT 002 RW 012 Kelurahan Rawa Badak utara(RBU), Kecamatan Koja sudah ada Papan Segel tetapi masih ada kegiatan pekerjaan dan juga bangunan di Kelapa gading Jalan pelepah elok.1. QA.4. No 10. Kelurahan kelapa gading barat, Kecamatan kelapa gading penambahan lantai di duga belum ada IMB.

Baca Juga :  Kasudin Pendidikan II Jakarta Utara Buka Orientasi Mabigus Gugus Depan di SDI Al Khairiyah

Bangunan di Jalan camar 11 Blok F Gang VI RT 012/013 RW 07 kelurahan semper barat, kecamatan cilincing jakarta utara, jenis kegiatan Renovasi Berat penggunaan rumah tinggal jumlah lantai 2 lantai ada diduga pelanggaran dalam alih fungsi pendirian bangunannya

Hingga berita ini tayang belum ada pejabat instansi terkait yang dapat dimintai penjelasan.(zul)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :