5 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

136

Faktual. Net, Kendari. Daun Kelor sangat akrab bagi masyarakat Sulawesi Tenggara sebagai bahan utama untuk membuat sayur kelor. Sayur kelor adalah sayur asli orang Indonesia. Pohon kelor merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae.

Dilansir dari tipssehat99.tk, daun kelor yang dibuat menjadi sayur kelor dan berbagai macam herbal ternyata mengandung 3 kali potasium dari pada pisang, 4 kali vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi dari pada bayam, 7 kali vitamin C jeruk, 4 kali kalsium susu, dan 3 kali protein yoghurt.

Saat ini telah banyak penelitian yang telah menemukan manfaat daun kelor untuk kesehatan badan. Daun kelor sudah dianggap sebagai tanaman kesehatan yang bisa dipakai sebagai obat herbal bagi penyembuhan penyakit.

Berikut 5 manfaat dari daun kelor :

1. Menyehatkan kulit

Daun kelor memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi. Kedua zat ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Daun kelor yang dijadikan sebagai sayur kelor serta dikonsumsi dengan cara teratur bisa menghaluskan kulit serta mencegah munculnya jerawat. Daun kelor yang ditumbuk dapat jadikan sebagai masker wajah yang dapat membuat kulit wajah makin halus serta cantik.

Baca Juga :  Menkes Berikan Kabupaten Bone Penghargaan Swasti Saba Untuk Ke Tiga Kalinya

2. Mengatasi diabetes

Salah satu manfaat daun kelor adalah bisa mengobati diabetes. Daun kelor bisa mengurangi kadar gula dalam darah. Daun kelor juga bisa dijadikan juga sebagai insulin alami untuk menangani diabetes.

3. Menyehatkan mata

Daun kelor banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi sayur kelor dan herbal dari daun kelor membuat mata senantiasa dalam situasi sehat serta jernih. Daun kelor dapat juga mengobati penyakit mata, caranya dengan mengkonsumsi langsung sayur kelor atau air rebusan daun kelor dibasuhkan pada mata yang sakit setiap hari hingga sembuh.

4. Mencegah kanker

Baca Juga :  Menkes Berikan Kabupaten Bone Penghargaan Swasti Saba Untuk Ke Tiga Kalinya

Antioksidan yang sangat tinggi pada daun kelor dan kandungan potasium yang banyak bisa mencegah kanker. Selain itu juga dapat memperlambat bahkan menyembuhkan kanker dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Rematik

Daun kelor dapat menyembuhkan rematik. Yakni mengurangi rasa sakit pada sendi serta dapat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi.

5 manfaat ini hanya sebagian kecil dari beragam manfaat daun kelor. Mengkonsumsi sayur kelor setiap hari juga dapat membuat tubuh kebal terhadap penyakit/tidak gampang sakit.

Di Himpun Dari Berbagai Sumber

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :