oleh

Teknik Mesin UHO Telah Mampu Lahirkan Mahasiswa Berstandar Industri Internasional

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Universitas Halu Oleo (UHO) telah menunjukkan kualitasnya bahwa mampu melahirkan mahasiswa – mahasiswa yang berstandar kebutuhan industri perusahaan berskala internasional. Faktanya, 12 mahasiswa Teknik Mesin UHO lulus untuk belajar sekaligus magang pada Perusahaan Otomotif Daihatsu langsung di Jepang melalui program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Dr. Edward Ngii, ST.,MT yang menjabat Dekan Fakultas Teknik (FT) UHO mengaku bersyukur dan bangga pada kinerja Ketua Prodi Teknik Mesin UHO (Budiman Sudia, ST.,MT) dan jajaran dosen yang telah berhasil mendidik dan melahirkan mahasiswa – mahasiswa yang siap pakai didunia industri.

“Alhamdulillah kami ucapkan atas kelulusan mahasiswa, kami bangga dengan kinerja Budiman Sudia beserta teman – teman. Apa yang diraih hari ini adalah bukti bahwa Prodi Teknik Mesin UHO telah berhasil mendidik mahasiswa yang berorientasi pada kebutuhan industri,” ucap Dekan FT UHO pada Selasa, 29/6/2021 kepada faktual.net.

Pengganti Mustarum Musaruddin tersebut berharap agar kinerja dari Jurusan Teknik Mesin kedepannya lebih meningkat lagi dalam menyiapkan tenaga – tenaga profesional dibidang permesinan sebagaimana visi – misi FT UHO.

Baca Juga :  Pemprov Sultra Target Seluruh Guru Non PNS Dapat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Melalui media ini, Dr Edward Ngii juga berpesan kepada 12 mahasiswa yang telah lulus agar manfaatkan kesempatan magang dengan baik, kuasai lingkungan kerja serta terus tingkatkan keterampilan dan talenta. Dan yang terpenting bagi pimpinan Fakultas dan Jurusan agar hasil magang mahasiswanya akan menjadi bahan evaluasi untuk membenahi sistem pendidikan yang lebih berskala industri sehingga mahasiswa maupun alumni FT UHO memiliki daya saing dan nilai tawar bagi industri baik skala nasional maupun skala internasional.

Ketgam : Wadek I FT UHO, Dr. Ir. Laode Muhammad Golok Jaya, ST,.MT

Senada dengan atasannya, Wakil Dekan I Bidang Akademik FT UHO, Dr. Ir. Laode Muhammad Golok Jaya, ST.,MT mengatakan bahwa program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MDKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim sangat bermanfaat positif bagi mahasiswa sebab mahasiswa dapat belajar sesuai keahlian dan minatnya.

“Bekerja sebelum lulus kuliah adalah impian bagi mahasiswa, apalagi bekerja pada perusahaan besar dan diluar negeri tentunya pengalaman yang akan diperoleh mahasiswa akan sangat banyak dan sangat berharga”, kata Golok sapaan Laode Muhammad Golok Jaya.

Baca Juga :  Pemprov Sultra Target Seluruh Guru Non PNS Dapat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Golok berpesan kepada para mahasiswa agar selama berada di Jepang kurang lebih 1 tahun, tiru etos kerja orang Jepang, pelajari tradisi dan budaya orang Jepang.

“Orang Jepang itu pekerja keras, disiplin, menghargai waktu, maka kami harapkan para mahasiswa untuk meniru budaya itu. Selain itu, mahasiswa kita harapkan bisa jadi duta bangsa dinegeri orang, tunjukkan ke orang Jepang budaya bangsa kita yang menjaga kesopanan, tata krama, saling menghormati”, harap Golok.

Golok juga mengharapkan agar MBKM ini bisa dan terus berlanjut setiap tahunnya dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Kami FT UHO selalu siap berkontribusi pada program dan kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia.

Berikut 12 Nama – Nama Mahasiswa Yang Lulus Program MB-KM :

1. Syarif Amrul Hidayat
2. Budiman
3. Randi
4. Imam Usama Batara R
5. Arif Irawan
6. Zulham
7. Dicky Syaputra
8. Muhammad Dzulhijjah
9. Salman Muslimin
10. Muhammad Azim Panca W
11. Rifki Alfares Muchtar
12. Hendra Setiawan

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :