oleh

Stasiun Kerja Biodigester di Kawasan Pertanian Perkotaan Diresmikan

Jakarta, Faktual.Net– Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan PT. Khazanah Hijau membangun pengelolaan sampah dengan solusi digital dan energi terbarukan untuk mengelola sampah di sumber melalui stasiun kerja biodigester, hari ini, Jumat (07/08/2020), di Kawasan Pertanian Perkotaan RW 05, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara stasiun kerja biodigester diresmikan,

Peresmian tersebut dilaksanakan oleh Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko bersama Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syarifudin dan Direktur Utama Rekosistem PT. Khazanah Hijau Indonesia Ernest C Layman serta Ketua RW 05 Muhammad Irsyad.

Dengan volume 12,5 meter kubik, alat biodigester tersebut mampu menampung 250 kg sampah organik perharinya dan membutuhkan waktu 14 sampai 30 hari untuk menghasilkan gas metana 6 sampai 9 kg dan 500 liter pupuk cair.

Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko dalam kesempatan itu memberikan apresiasi atas inovasi pengelolaan sampah organik menjadi gas dan pupuk cair yang merupakan kerjasama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dengan PT Khazanah Hijau Indonesia.

Baca Juga :  Kwarcab Pramuka Jakarta Utara  Peduli Korban Kebakaran Kalibaru 

“Hari ini dilakukan kegiatan kolaborasi sosial berskala besar dengan membawa pembaruan dalam mengelola residu sampah organik dengan bantuan alat biodigester di lingkungan RW 05 Kelurahan Rawa Badak Selatan (RBS). Keberadaan alat ini diharapkan bisa memberikan manfaat tidak hanya bagi komunitas lokal saja melainkan semuanya,

Kita harus terus mengembangkan inovasi untuk mengurangi sampah dari sumber dan mengolahnya menjadi sesuatu yang berpotensi,”ujar Wali Kota.

Direktur Utama Rekositem PT. Khazanah Hijau Indonesia, Ernest C. Layman, dalam kesempatan itu juga mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas terciptanya kolaborasi sosial berskala besar antara pemerintah, kami dan RW dalam pengelolaan sampah dan bermanfaat bagi wilayah.

Baca Juga :  Bupati Kepulauan Seribu Apresiasi Lomba Video Pendek Pencegahan Terorisme dan Radikalisme

“Ini merupakan langkah awal dan dapat terus di kembangkan di wilayah lain di DKI Jakarta,”ungkap Ernest.

Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syarifudin mengharapkan peran masyarakat untuk ikut mengolah sampah organik dari sumbernya.

“Kita punya tanggung jawab yang sama dalam penanganan sampah. Sistem percepatan pembusukan sampah organik ini sebagai karya nyata yang bisa ditiru oleh RW lainnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua RW 05, Muhammad Irsyad menjelaskan, kami dari RW 05 terus berkolaborasi dengan pemerintah dan siap mendukung pemerintah. “Banyak inovasi yang telah kami kembangkan dan hadir dilingkungan RW 05 seperti stasiun kerja biodigester ini

“Kami berharap hadirnya stasiun biodigester ini dapat memberikan manfaat bagi warga RW 05. Mari kita sama-sama memajukan DKI Jakarta,”pungkas M. Irsyad.(Amin)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :