SMAN 1 Mawasangka Raih Peringkat I Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Sultra

Faktual.Net, Buton Tengah — Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), berhasil menyabet kategori 1 Lomba Perpustakaan Tebaik tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, Nur Saleh, melalui surat keputusan Nomor : 21 Tahun 2023 tentang penetapan lomba perpustakan sekolah lanjut tingkat atas (SMA, SMK dan MA) terbaik tingkat Provinsi Sultra.

Tentu tiap kabupaten kota dinilai sesuai dengan instrumen penilaian lomba, mulai dari sarana prasarana, SDM pengelola, dari segi koleksi, hingga penunjang.

Bahtiar, S.Pd menyampaikan rasa bangga atas yang diraih hal tersebut, telah berhasil mengharumkan nama Sekolah SMAN 1 Mawasangka, dengan menyabet kategori I, sehingga Dinas Perpustakan dan Kearsipan Provinsi Sultra menjatuhkan pilihan juara 1 kepada SMAN 1 Mawasangka.

“Alhamdulillah Perpustakaan SMAN 1 Mawasangka telah ditetapkan sebagai Juara 1 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Provinsi Sultra, ini tak telepas keterlibatan dari semua pihak yang telah medukung dan berkonstribusi dengan baik,” tutur Bahtiar.

Perpustakaan SMAN 1 Mawasangka Kabupaten Buton Tengah. Foto: Istimewa.

Selain menorehkan prestasi di ajang Provinsi, SMAN 1 Mawasangka juga akan mengusahakan dan berpartisipasi dalam event lomba perpustakaan tingkat Nasional kedepan.

Baca Juga :  Warga Desa Baturappe Biringbulu Di Tangkap Tim Jatanras Polres Gowa

“SMAN 1 Mawasangka akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2023 di Jakarta,” ucap Bahtiar kepada media Faktual.Net Via Whatsaap.

Namun, ia berharap prestasi ini tidak membuat perpustakaan tebaik itu lantas puas begitu saja melainkan harus mempertahankan prestasi tersebut.

“Meraih prestasinya dengan baik, tentu tidak cepat merasa puas melainkan harus terus mempertahankan, dan bukan hanya lolos ditingkat provinsi melainkan sampai di tingkat nasional dengan upaya-upaya yang matang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan SMAN 1 Mawasangka, Sitti Elvisa menyampaikan rasa haru dan bahagiah bisa mengharumkan nama sekolahnya, persiapan yang dijalani selama 3 tahun lamanya dirasakan tidak sia-sia dalam mengikuti lomba tersebut.

“Alhamdulillah senang, bahagiah campur rasa haru bisa mengambil peran dalam kegiatan lomba perpustakan tingkat provinsi dan membanggakan nama sekolah, semoga menjadi pemicu untuk prestasi lainnya,” tutur Sitti Elvisa penuh semangat dan rasa haru.

Baca Juga :  FK LMK Kecamatan Koja Apresiasi Kegiatan PERKAPJU

Struktur penataan perpustakaan dan kelengkapan perpustakaan di SMAN 1 Mawasangka sudah cukup baik dan menyediakan apalikasi khusus perpustakaan yang bisa dijangkau lewat dunia digital.

“Semoga perpustakaan ini terus mendukung partipasi semu pihak, sehingga menjadi ajang meningkatkan daya minat literasi baca untuk peserta didik dan sarana untuk aktualisasi potensi diri,” harapnya.

Diketahui, Perpustakaan SMAN 1 Mawasangka ini mulai dibenahi sejak tiga tahun terakhir dan dilengkapi beberapa fasilitas yakni menyediakan buku bacaan, ruang hening baca, dan fasilitas lainya.

Saat ini paradigma perpustakaan, bukan hanya sebagai gudang buku. Seperti yang selama ini dilihat, masyarakat mendatangi tempat itu untuk membaca buku dan membangun tradisi intelektual.

Penulis: Kariadi

Tanggapi Berita Ini