oleh

Sidang Pantukhir Seleksi Prajurit TNI AL, Sejumlah Perwira Kunjungi Mako Koarmada III

Faktual.Net, Sorong, Papua Barat – Dalam rangka sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir) seleksi penerimaan prajurit karier Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) strata Bintara dan Tamtama wilayah Papua, sejumlah Perwira Tinggi (Pati) maupun Perwira Menengah (Pamen) mengunjungi Markas Komando (Mako) Koarmada III di Distrik Sorong Manoi, Jalan Bubara No. 1 Kelurahan Klaligi, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Senin (27/7/2020).

Kunjungan kerja tersebut juga sekaligus berkaitan dengan pembukaan Kursus Applied Aproach bagi sejumlah prajurit Koarmada III, Pasukan Marinir (Pasmar) 3 Sorong, dan Lantamal XIV Sorong yang akan menjadi tenaga pendidik bagi siswa Dikmaba dan Dikmata prajurit karier TNI AL.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) selaku tuan rumah menerima langsung para perwira yang hadir, diantaranya Kepala Dinas Administrasi Personel Angkatan Laut (Kadisminpersal) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, SE., MM dan Direktur Pendidikan Latihan (Dirdiklat) Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., MA, serta Paban I Spersal Kolonel Laut (S) J. Widjojono bersama sejumlah Perwira Staf lainnya.

Baca Juga :  Honor GTT Dibawah Rp 1 Juta, Kepala Sekolah Bisa Kena Sanksi

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Komandan Lantamal XIV Sorong Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani. Seleksi penerimaan prajurit TNI AL tersebut terdiri dari beberapa tahap pelaksanaan.

Tahap pertama, rekrutmen Putera Daerah sebagai prajurit karier strata Bintara dan Tamtama yang telah memasuki ujian Pantukhir Pusat yang dihadiri sejumlah pejabat utama TNI AL.

Tahap kedua, pendidikan dasar militer di Pasmar 3 Sorong. Tahap ketiga, Pendidikan Kejuruan yang akan dilaksanakan di Lantamal XIV Sorong, serta pelaksanaan latihan praktek menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di jajaran Koarmada III.

“Pendidikan calon Bintara dan calon Tamtama prajurit karier TNI AL selama ini diselenggarakan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Surabaya, dan baru pertama kali diselenggarakan di Sorong,” ujar Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, dalam press release yang diterima Faktual.Net, Selasa, (28/7/2020).

Baca Juga :  KPU Kota Tikep Sosialisasi PKPU Tentang Syarat Calon dan Pencalonan

Koarmada III juga telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pendidikan tersebut, baik di Mako Koarmada III Katapop, Brigade Infanteri (Brigif) 3 Marinir Katapop, dan Lantamal XIV Sorong.

“Telah dilaksanakan juga Kursus Tenaga Kependidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil), serta Pendidikan Kejuruan (Dikjur) Bintara dan Tamtama di Koarmada III Sorong,” lanjutnya.

“Selama seleksi penerimaan prajurit TNI AL tersebut berlangsung senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, diantaranya seluruh peserta dilakukan pengukuran suhu badan, menjaga jarak minimal 1,5 meter (physical distancing), mencuci tangan sebelum mengikuti ujian tertulis, seluruh peserta seleksi memakai masker, serta tidak dipungut biaya apapun,” tambahnya mengakhiri. (***)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Tajuk Berita