oleh

Satdik YHT Surabaya Adakan Penyembelihan Hewan Kurban Secara Serentak

-Berita, Daerah-169 views

Faktual.Net, Surabaya, Jatim – Setiap Satuan Pendidikan (Satdik) yang bernaung dibawah Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya mengadakan penyembelihan hewan kurban secara serentak pada Sabtu, (01/08/2020).

SMK KAL 1 selaku satuan pendidikan dibawah koordinir YHT, menggelar penyembelihan hewan kurban di halaman sekolah dan di saksikan oleh seluruh management sekolah beserta siswa dan para undangan lainnya.

Siswa SMK KAL 1 Surabaya saat memotong daging hewan kurban.

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, Drs. S.D. Seputra, SKM., MM menyebutkan bahwa sekolah yang menjadi binaannya secara keseluruhan melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Pada tahun sebelumnya, hewan kurban yang disembelih oleh pihak YHT terdiri dari 31 ekor sapi dan 41 ekor kambing. Sedangkan untuk tahun ini, sesuai sebagian laporan yang diterima oleh Kabidbang/Kabiddik Dra. Ramayanti disebutkan, untuk sementara penyembelihan hewan kurban terdiri dari sembilan ekor sapi dan 27 ekor kambing yang diadakan serentak di masing-masing satuan pendidikan.

Setiap satdik/sekolah-sekolah yang akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban terdiri dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK, antara lain: TK Hang Tuah 10, SD Hang Tuah 10 , SMP Hang Tuah 1, SMP Hang Tuah 2,  SMP Hang Tuah 6 Excellent, SMA Hang Tuah 1, SMA Hang Tuah 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL 1.

Baca Juga :  Muhammad Alamsyah: Menilai Hasil Verifikasi Calon Tenaga Kerja Lokal di PT VDNI dan OSS Memprihatinkan

Informasi dari Kabidik YHT, hewan kurban di tiap-tiap satdik akan dibagikan kepada sebagian siswa, guru, karyawan, masyarakat lingkungan sekolah serta beberapa panti asuhan/anak yatim piatu yang telah ditunjuk.

Kegiatan dirangkaikan dengan acara makan bersama antara siswa, guru dan karyawan di sekolah masing-masing. Hal ini dimaksudkan untuk memupuk rasa kebersamaan antara siswa, guru dan karyawan di lingkungan Yayasan Hang Tuah.

Keluarga besar SMK KAL 1 Surabaya saat foto bersama.

Kepala SMK KAL 1 Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si melakukan penyembelihan hewan kurban di halaman sekolah, yang turut disaksikan para Wakil Kepala Sekolah, guru, sejumlah siswa serta pengurus OSIS, di sekolah lainnya mulai dari  TK, SD, SMP, SMA dan SMK juga terjadi hal serupa.

Disebutkan, penyembelihan hewan kurban memberikan pembelajaran berkurban kepada para siswa, sebagaimana telah di contohkan oleh Nabi Ibrahim atas Ismail, yang intinya adalah untuk melatih kepedulian sosial.

Baca Juga :  Peluang Kerja Bagi Masyarakat Desa Taring, Untuk Di Tempatkan Di Pertashop

“Apabila kita punya kelebihan harta, maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikorbankan dalam wujud binatang ternak dan dagingnya di bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan,” ungkap Letkol Ambar Kristiyanto.

Sebagai pembelajaran kepada siswa, menurut orang nomor satu di SMK KAL 1 ini bahwa, siswanya dengan sengaja diberi motivasi memupuk rasa empati kepada masyarakat di lingkungannya.

“Melatih siswa menjadi seorang dermawan, menjadikan rezeki barokah, bertakwa kepada Allah yang akan menjadi bekal di hari akhir dan utamanya untuk memupuk sikap kebersamaan, kerja sama dengan semangat persaudaraan,” tuturnya.

Ketua Panitia, Drs. Parman, yang kesehariannya sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan mengutarakan, dari hasil penyembelihan sapi dan kambing tersebut akan dibagikan  utamanya kepada 67 siswa anak yatim di SMK KAL 1 serta perwakilan siswa dari 21 kelas, dimana di tiap-tiap kelas tujuh siswa, masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar sekolah, beberapa guru dan karyawan.

Penyerahan daging hewan kurban secara simbolis di sampaikan oleh Kepala Sekolah dan ketua panitia,  kepada beberapa perwakilan siswa yang hadir terdiri dari perwakilan siswa Kelas X, XI dan XII. (***)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :