oleh

Reses Masa Sidang I, Sudarmanto Saeka Fokus Pertanian dan Pendidikan

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Reses masa sidang pertama, tahun sidang 2022 yang berlangsung dari tanggal 29 Januari 2022 sampai 5 Februari 2022 dimanfaatkan oleh Sudarmanto Saeka, SE,.M.Si untuk turun langsung menemui masyarakat Kota Kendari yang menjadi daerah pemilihan (dapil) nya.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut memanfaatkan masa reses untuk mengunjungi tiga titik lokasi. Mulai dari titik yang berbasis pertanian dan diakhiri dengan titik yang berbasis pendidikan.

Kunjungan pertamanya terkonsentrasi di Kelurahan Lalodati, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, Sultra. Dilokasi yang berbatasan dengan Kelurahan Wawombalata, Kecamatan Mandonga tersebut, Sudarmanto Saeka berkomunikasi langsung dengan warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Kesempatan berjumpa dengan wakil rakyat, warga kelurahan Lalodati mengeluhkan kurangnya sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pertanian mereka. Selain itu, beberapa warga mengeluhkan masih kekurang air bersih, disebabkan jadwal PDAM yang tidak maksimal.

Reses di Pantai Toronipa

Menanggapi kelurahan warga didapilnya, Sudarmanto Saeka berjanji akan menampung dan meneruskan ke forum DPRD Sultra tentang keluhan – keluhan warga Lalodati.

“Apa yang menjadi keluhan warga, tentu akan kami serap dan akan kami bawa ke forum resmi DPRD Sultra. Semoga semuanya bisa terakomodir saat pembahasan APBD anggaran 2022.

Masyarakat Lalodati yang menghadiri reses meminta kepada Sudarmanto Saeka, agar sarana dan prasarana pertanian diadakan pada anggaran tahun ini, khususnya jalan usaha tani, alat – alat produksi semisal hand taktor dan sumur bor.

Masih rangkaian dari masa reses, Sudarmanto Saeka juga menfokuskan pada masa sidang pertama ini kunjungan ke instansi pendidikan, pria yang akrab disapa Oom Bob ini mengundang pihak SMK Satria Kendari untuk liburan ke Pantai Toronipa.

“Kenapa kami undang pihak SMK Satria ke Pantai Toronipa, perlu teman – teman wartawan tahu bahwa aktivitas didunia ajar – mengajar itu adalah aktivitas yang sibuk dan melelahkan. Para guru, tata usaha disibukkan dengan urusan anak didik, urusan kurikulum, tentu terkadang mereka juga harus refreshing”, ucap Oom Bob.

“Karena itu, kami berinisiatif untuk mengundang mereka menghadiri reses kami di Pantai Toronipa, sekalian mereka refreshing”, tambah Sudarmanto Saeka.

Reses di Salah Satu Institusi Pendidikan Tinggi di Kota Kendari

Mengakhiri masa resesnya, Sudarmanto Saeka mengunjungi salah satu institusi pendidikan tinggi di Kota Kendari. Didepan civitas akademika, dirinya berjanji bahwa ditahun ini, akan lebih banyak beasiswa yang digelontorkan oleh pihak pemerintah guna mendanai pendidikan Kota Kendari sebagai Dapilnya dan pendidikan Sultra dalam konteks yang lebih luas.

“Tentu, setiap masa sidang, akan kami agendakan 1 titik kunjungan ke perguruan tinggi. Ini harus, sebagai komitmen kami untuk membesarkan dunia pendidikan Sultra. Sebab saya secara pribadi adalah orang yang juga lahir dari dunia pendidikan”, tegas Oom Bob.

Pantauan media, para konstituen dunia pendidikan meminta kepada Sudarmanto Saeka, untuk memperjuangkan anggaran yang lebih besar guna peningkatan Sumber Daya Manusia para guru dan dosen. Memperbanyak dana – dana penelitian, memperbanyak beasiswa bagi anak – anak Sultra yang kurang mampu, serta dukungan sarana dan prasarana sekolah dan kampus semisal fasilitas lab komputer dan lab – lab penelitian.

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :