oleh

Rayakan 17 Agustus, INKITA Buteng Kibarkan Bendera Merah Putih Di Goa Watolo

📷Pengibaran Bendera Merah Putih di Goa Watolo

Faktual.Net, Buton Tengah,Sultra–Menyambut HUT Kemerdekaan Repbulik Indonesia Ke-75, Institut Kebudayaan dan Kesenian (INKITA) Buton Tengah,melakukan pengibaran bendera merah putih di dalam Goa Watolo yang bersejarah, berlokasi di Kelurahan Mawasangka, Kecamatan Mawasangka pada (17/08/2020).

Gua Watolo yang begitu luas, di dalamnya terdapat tulisan-tulisan masa lampau yaitu tulisan aksara dan benda-bekas peninggalan nenek moyang.

Baca Juga :  Pemkot Serang Bersama Forkopimda Deklarasikan Aksi Damai Tolak Aksi Anarkisme

Muhammad Reza selaku ketua koordinator kegiatan mengatakan, bahwa melaksanakan pengibaran bendera merah putih di dalam goa watolo adalah salah satu kepedulian yang dimana Gowa Watolo adalah tempat situs bersejarah, nenek moyang kita dulu goa ini difungsikan sebagai tempat tinggal atau tempat persembunyian masyarakat Mawasangka pada masa penjajahan.

“Kami melaksanakan pengibaran bendera di dalam Goa Watolo sebagai salah satu bentuk rasa hormat kami terhadap budaya yang hampir hilang,” ucapnya.

Baca Juga :  Penyebar Vidio Hoax ASN Masuk Tahap Lidik

Suasana goa yang gelap, menyebabkan sejumlah anggota Inkita harus memakai alat penerang saat kibarkan bendera.

Selain pengibaran bendera juga mereka mengadakan kegiatan melaksanakan kegiatan aksi bersih-bersih di halaman gowa hingga ke dalam Gowa Watolo.

“Dengan bersih-bersih ini,dapat menjaga kelestarian cagar budaya,” tutupnya Reza.

Reporter: Kariadi

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :