Program Jokowi Telah Dinikmati Siswa/Siswi Di Tidore

41

Faktual.Net, Tidore. Upaya mengentaskan angka putus sekolah dan membantu orang tua tidak mampu, Pemerintah Pusat dibawah kepemimpinan Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia telah memprogramkan bantuan kepada peserta didik yang kurang mampu melalui bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Program tersebut, bertujuan agar bisa memenuhi kebutuhan peserta didik dalam menikmati pendidikan.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo mengatakan bahwa untuk mengawasi program itu pihaknya hanya sebatas melakukan monitoring berdasarkan data yang diajukan oleh sekolah masing-masing. Pasalnya bantuan tersebut langsung dikirimkan dari pemerintah pusat ke sekolah masing-masing melalui Bank, setelah itu dari pihak sekolah kemudian melanjutkan bantuan itu kepada siswa yang berhak menerimanya.

“Bantuan untuk KIP ini hanya untuk orang tua tidak mampu, jadi dari sekolah sendiri yang melakukan analisis masing-masing setelah itu datanya dikirim ke Dapudik dan dimasukan ke kami,” ujarnya saat ditemui Faktual.Net di ruang kerjanya Pada Selasa, 9/10/2018.

Baca Juga :  Buka Kegiatan Sosialisasi Administrasi Pertanahan dan Penyelesaian Konflik Pertanahan, Ini Kata Wabup Konsel

Sementara untuk jumlah bantuan tersebut, lanjut Ismail diberikan berdasarkan usulan dari sekolah yang jumlahnya bervariasi mulai dari anggaran senilai Rp. 250 ribu per tahun, bahkan sekolah juga memiliki kewenangan untuk menentukan berapa besar biaya yang harus diterima oleh siswa berdasarkan analisis sekolah tersebut. Dan bantuan itu diberikan kepada Siswa SD dan SMP di Kota Tidore Kepulauan.

Lebih lanjut, Untuk penyaluran bantuan itu, kata Ismail mengingat di Tidore terdiri dari 8 kecamatan sehingga untuk 4 kecamatan yang berada diwilayah oba yakni Kecamatan Oba Utara, Oba tengah, Oba dan Oba Selatan dilakukan secara serentak apabila sudah ada SK yang dikeluarkan untuk dilakukan pencairan mengingat jarak yang ditempuh juga jauh, sementara untuk 4 kecamatan yang berada di pulau tidore yakni Kecamatan Tidore Utara, Tidore Selatan, Tidore, dan Tidore Timur bisa dilakukan langsung perorangan yang didstribusikan dari sekolah masing-masing.

Baca Juga :  Tingkatkan Wawasan Kepemiluan Masyarakat, KPU Wakatobi Sediakan Rumah Pintar Pemilu

“Untuk datanya itu setiap tahun selalu diupdate, jadi untuk bantuan ini kalau jumlah peserta didik khusunya SD di tahun 2018 yang menerima itu jumlahnya sebanyak 2.342, sedangkan di tahun 2017 kemarin berjumlah 3.131 orang, untuk data SMP ini kabidnya sedang keluar pergi rapat ke BKD,” tuturnya.

Meski begitu Ismail memastikan bahwa dalam penyaluran bantuan tersebut telah dijalankan dengan baik dan pihaknya tetap intens melakukan monitoring, sehingga bantuan yang diberikan juga bisa tepat sasaran kepada yang berhak menerima.

Penulis : Suratmin Idrus

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :