oleh

Pertunjukan Puisi Pemersatu Bangsa, Wahana Puisi Karya Imam Ma’arif

faktual.net,Jakarta-Pagelaran Puisi Pemersatu Bangsa, sebuah acara pertunjukan seni deklamasi atau membaca puisi yang berbeda dari biasanya, akan digelar di ruang terbuka Monas, pada hari Minggu pagi (20/11) yang menyatu dengan masyarakat luas di CFD (car free day), mulai pukul 08.00 WIB di Pintu Gerbang Monas, sebelah Barat Daya.

Nuyang Jaimee

Nuyang Jaimee dari FSP-TIM menjelaskan, Gelaran yang spektakuler, atraktif dan akrobatik ini, menampilkan alih wahana puisi karya Imam Ma’arif dari kumpulan puisinya yang tanpa diberi judul di semua puisi-puisinya itu. Buku Kumpulan Puisi tersebut sudah diluncurkan 13 Oktober 2022, bulan lalu di PDS.HB. Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM ), Jakarta Pusat.

“Panggung besar ini akan menampilkan Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bahri dan Para Deklamator Nasional Jose Rizal Manua, Fikar W Eda, Octavianus Masekha, Nuyang Jaimee, Harna Silwati, Tatan Daniel, David Karo, Exan Zen dan Aktor Film, Ray Sahetapy,” Ucap Nuyang Jaimee.

Diapun menambahkan, Adapun pembacaan puisi akan di meriahkan oleh penampilan Penari(Dancer) dari group JBM Keagungan dan Studio Kinestetik. Dan Performing Art akan di bawakan oleh kelompok Endin SAS Talent Group dan Performing Art Lukis oleh pelukis senior Joko Wasis dari Jogja. Performing Art dan Gerak tari akan dikoreografikan oleh koreografer Nasional Ali Larinka dan Abdurachem Rohim yang sekaligus sebagai sutradara pertunjukan.

“Pembacaan Puisi ini, akan semakin membahana dan menggelegar dengan iringan Mahagenta Orkestra pimpinan Uyung Mahagenta yang sekaligus membawakan beberapa lagu yang di Arrangement khusus dari puisi-puisi Imam Ma’arif tersebut,” Katanya.

Gelaran Puisi Pemersatu Bangsa, yang di selanggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta ini bekerjasama dengan Masyarakat Kesenian Jakarta (MKJ) dan Lembaga Cakra Budaya Indonesia (CBI).

Atraksi Nuyang Jaimee

Kemudian didukung juga oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, Satgas Covid-19 DKI Jakarta, Gelanggang Remaja Jakarta Pusat (GRJP), Laskar Palapa, Keluarga Besar Penyair Seksih (KBPS) dan juga oleh Forum Seniman Peduli Taman Ismail Marzuki (FSP-TIM), penjelasan Nuyang Jaimee (19/11) dari lokasi persiapan pagelan acara baca puisi di Monas.

Nuyang Jaimee, sebagai Pimpinan Produksi dalam Gelaran Puisi kali ini, padamu sabtu (19/11) menegaskan, Kami mempunyai harapan gelaran baca puisi di Monas kali ini bisa mensosialisakan seni puisi, pembacaan puisi dan deklamasi dalam bentuk yang berbeda ke tengah-tengah publik (masyarakat) yang lebih luas.

“Kegiatan ini merupakan, sebagai ekspresi seniman yang menjadi bagian dari kepedulian seniman terhadap bangsa Indonesia pada kondisi sosial politik budaya yang terpecah oleh berbagai kepentingan,” Ucapnya. (Zul)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :