Pemkot Tikep Peringati Harkitnas ke- 111

56

Faktual. Net, Tidore. Pemerintah Kota Tidore Kepulauan memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 Tahun 2019. Upacara yang mengusung tema “Bangkit Untuk Bersatu” ini dilaksanakan di halaman Kantor Walikota dan dipimpin langsung oleh Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim yang bertindak selaku Inspektur Upacara, Senin (20/5/19).

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara dalam sambutannya yang dibacakan Walikota, Capt. H. Ali Ibrahim mengatakan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang Ke-111 Tahun 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa yang merupakan embrio paling kuat bagi janin Persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gadjah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan republik Indonesia saat ini.

Peringatan Harkitnas kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara disekitar kita.

Dirinya juga menambahkan Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya adalah gotong royong.

“Kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global”, ungkapnya.

Dalam upacara ini, bertindak selaku Komandan Upacara Kasubag Perencanaan Keuangan Zainudin Muhammad Perwira Upacara Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Budi T. Mustafa, Pembaca Teks pembukaan UUD 1945, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik, Muhammad Yusuf.

Sedangkan petugas Paduan Suara, panitia memilih Tim Paduan Suara dari SMA Negeri 1 Tidore Kepulauan dan Pengibar Bendera dari Purna Paskibraka dan Korsik dari Madrasah Aliyah negeri 2 Tidore Kepulauan. Peserta upacara terdiri dari Peleton Polri, Satpol PP, KUPP Soasio, Rutan Soasio, Korpri.

Reporter : Aswan Samsudin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :