Pemkab Konsel Gelar Workshop Dana BOS

135

Faktual, Net, Konsel, Sultra. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) menggelar Kegiatan Workshop Penyusunan Perencanaan Anggaran, Penatausahaan, Pelaporan, dan Pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Hotel Claro, Senin, 28/10/2019, malam, kemarin.

Kegiatan Workshop diikuti Kepala Sekolah pengelolah dana BOS berjumlah 391 sekolah tingkat SD, SMP, SATAP se-Kabupaten Konsel itu di buka oleh Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM didampingi Sekda, Sjarif Sajang dan Kadis Pendidikan, Saifuddin.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dalam sambutannya menjelaskan, pengalokasian dana BOS sebagai upaya untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Konsel mendorong terselenggaranya pendidikan bagi masyarakat dengan baik.

Baca Juga :  Polres Konsel Gelar Coffee Morning Bersama Wartawan

Ia mengatakan, masyarakat menaruh harapan besar pada belanja daerah, aspek belanja dana BOS, yang dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di Bidang Pendidikan.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga membawakan kata sambutan dalam acara kegiatan Workshop

“Tentunya hal ini sangat membutuhkan pengelolaan dana BOS yang baik dan tertib sesuai dengan tujuan yang diharapkan berdasarkan regulasi pengelolaan keuangan daerah dan Juknis dana BOS,” katanya.

Ia berharap dalam kegiatan Workshop ini peserta dapat mengikuti dengan baik dan Sungguh sunggu. Sehingga kemudian dapat memberikan kelancaran dalam implementasi pengelolaan keuangan dana BOS.

“Dan kalau kita mau kembali pertahankan WTP dimulai dari sini. Karena pengelolaan keuangan dana BOS merupakan salah satu material dalam penyusunan akun Laporan Keuangan Kemerintah Daerah (LKPD),” ucapnya.

Baca Juga :  Hebat, Desa Bontomanai Dikunjungi Perwakilan Kementrian Pertanian RI

Kepala Bidang Akutansi BKAD Konsel sekaligus ketua panitia kegiatan Workshop, Asnur Anwar Hamzah SE MM menjelaskan, kegiatan workshop dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 64 Tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual.

“Makanya pengelolaan keuangan dana BOS merupakan bagian penting dari pengelolaan keuangan pemerintah daerah dan salah satu bagian yang material dalam penyusunan akun LKPD yang berbasis akrual,” katanya.

Dia menambahkan, waktu pelaksanaan kegiatan Workshop Penyusunan Perencanaan Anggaran, Penatausahaan, Pelaporan, dan Pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
dimulai Tanggal 28 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2019.

Reporter: Marwan Toasa

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :