oleh

Pandemi C-19 Ekonomi Masyarakat Meningkat, APKAN : Siapa Berbohong dan Siapa di Bohongi

Faktual.Net, Sinjai, Sulsel, – Ketua Aliansi Pemantau Kinerja Aparatur Negara (APKAN) RI, Andi Baso Lolo Supu, perihatin melihat sosok wanita paru bayah itu, yang diketahui namanya Puang Soge beralamat di Mangottong, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai. Selasa, (06/04/2021).

Secara tidak sengaja Andi Baso lewat di jalan tersebut kemudian mampir sambil bertanya tanya, kepada Puang Soge penjual Tude (Rec.Istilah lain Kerang) tersebut, dalam pengakuannya didepan Andi Baso, bahwa jualannya kadang laku, kadang juga tidak laku, dan hasil dari jualan tersebut di gunakan kebutuhan lain seperti beli beras.

“Saya bingung dan bertanya, karena tagline pemerintah daerah melalui Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, bahwa pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid 19 meningkat, jadi meningkatnya dimana” katanya.

Dia menambahkan pertanyaan “Kalau meningkat salah satu contohnya puang Soge tiap hari jual Tude di dekat Rujab Bupati dan yang lebih di pertanyakan, dana rekanan apakah sudah terbayarkan atau belum” tanya Andi Baso.

Baca Juga :  Andi Kartini Siap Menjaga Soliditas Partai

Sementara, Puang Soge saat di temui di dekat jualannya mengakui. Bahwa dia sudah menjual Tude selama tiga tahun.

“Tellu taunna lebbi keddi mabbalu ana’ , iyatonni engka laku, iyatonni nadena, ko engka laku, Iana kufake Melli berre, (rec.dalam bahasa Indonesia, Saya sudah tiga lebih anak, menjual kadang laku, kadang juga tidak, hasil penjualannya itu saya pake beli beras,)” kata Soge.

Mengenai soal bantuan dari pemerintah dia juga akui kadang, bantuan tunai hanya satu kali dan bantuan non Tunai, tidak perna terima bantuan.

“Iya puramua maruntu bantuan doi telluratu, tafi berre na engka Ana, (Rec bahasa Indonesia, ia pernah terima bantuan uang tiga ratus, tapi beras tidak pernah)” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya keluhan Suplayer material paket 06 yang belum terbayarkan, Jum’at, (02/04/2021) lalu.

Berita terkait: https://faktual.net/aktivis-prihatin-material-paket-6-belum-lunas-supplier-merugi/?amp

Kordinator Suara Indonesia (SI) Arjuna Gintin prihatin melihat pengusaha pengadaan material (supplier) Paket 6, belum tuntas atau belum lunas. Jum’at, (02/04/2021)

Baca Juga :  Ending Rampung Sejumlah Ruas Jalan Mulus, Tukang Dan Suplayer Tak Tuntas

“Padahal proyek ini sudah lama selesai namun sampai saat ini material proyek belum lunas atau belum tuntas”. ucap Arjuna.

Di lansir dari sumber terpercaya, Laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor usaha konstruksi melonjak drastis hingga 540 persen. Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai di bawah kendali Bupati Andi Seto Asapa menjadi pemicunya.

Bedasarkan data Kabupaten Sinjai Dalam Angka tahun 2021 yang dirilis Badan Pusat Statistik Sinjai, laju pertumbuhan PDRB menurut lapangan usaha sektor konstruksi menunjukkan tren positif. Dimana pada tahun 2019 berada pada angka 2,14 persen.

Lalu melonjak pada tahun 2020 dan menduduki posisi 11,56 persen, atau naik hingga 540 persen dari tahun sebelumnya.

Namun faktanya menurut Andi Baso, “saya pertanyakan itu, sebenarnya siapa yang berbohong siapa yang di bohongi” kata Andi baso kembali bertanya

Editor : Dzul

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Tajuk Berita