oleh

Momen Sumpah Pemuda, Komunitas Pattiro People Bersama Kelompok Pecinta Alam Tanam Pohon di Jalur Bulubaria

Faktual.Net, Gowa, SulselSekelompok anak muda yang menamakan diri Pattiro People (PTP) bersama warga serta komunitas pecinta alam memilih merayakan Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2021), dengan cara berbeda.

Mereka memulai gerakan menanam pohon di jalur pendakian Bulubaria tepatnya di Longkollappang pos 1, 2 dan 3, Dusun Pattiro, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Sulawesi Selatan.

Penanaman 500 pohon di kawasan hutan Longkollappan


Melalui sambungan jejaring media WhastApp Kamis (28/10/2021), Mustain Tagrib salahsatu pemuda di Dusun Pattiro menjelaskan dalam momen Sumpah Pemuda, pihaknya melakukan penanaman pohom sebagai tanggung jawab Sosial dan Lingkungan.

“Harapan kami biar bisa melestarikan kembali hutan yang sudah terbakar di area hutan kawasan longkollappang pos 1, 2 dan 3 Bulu’ baria, sekaligus sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan,” harap Mustain.

Poto: Mustain Tagrib pemuda asal Dusun Pattiro melakukan penanaman pohon



Inisiasi lingkungan tersebut dilakukan atas hasil kerjasama dengan Klub Pecinta Alam Chipipa’x Indonesia. Manggala Agni dan Kehutanan yang turut membantu.

“Berkat kerjasama dari tim pecinta alam Chipipa’x, dan ada bantuan dari Manggala Agni serta Kehutanan yang turut mensuport kegiatan kami,” lanjutnya.

Dalam aksi penanaman pohon pada perayaan Hari Sumpah Pemuda ini, beberapa jenis pohon ditanam diantaranya kayu Sengon, Suren, Mahoni sekaligus untuk peningkatan kapasitas dalam mengelola dan menjaga sumber daya hutan.

“Kami menanam sekitar 500 pohon dari beberapa jenis kayu, tujuannya menjaga sumber daya alam,” jelas Mustain Tagrib.

Posko pendataan pengunjung di Dusun Pattiro


Selain program penanaman pohon, para pemuda tersebut mendirikan sebuah posko pendataan bagi setiap pengunjung yang hendak melakukan aktivitas pendakian ke Gunung Bulubaria dan Lompobattang.

“Kami juga mendirikan posko untuk pendataan setiap pengunjung dan sudah berjalan sekitar 2 bulan,” tutupnya.

Reporter: Anton

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :