Minus 1 Hari Pileg dan Pilpres Di Sultra, KPU sudah sangat siap

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Minus 1 hari pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah sangat siap melaksanakan pesta demokrasi 5 tahunan di bumi Anoa. Hal ini disampaikan oleh La Ode Abdul Natsir selaku ketua KPU Sultra pada acara konferensi pers kesiapan hari pemungutan suara pemilu 2019 yang berlangsung di Rock Cafe pada Selasa siang, 16/4/2019.

Ojo sapaan akrab La Ode Abdul Natsir mengatakan bahwa beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan dimedia terkait beberapa logistik KPU Sultra yang saat pendistribusian mengalami kerusakan akibat faktor alam (baca : hujan) tetapi hal tersebut telah teratasi atas kerja bersama KPU Sultra, Bawaslu dan beberapa pihak.

Dicontohkannya, ada 13 kotak suara yang rusak terkena air saat pendistribusian logistik di Kabaena, tetapi semuanya telah diganti atas rekomendasi Bawaslu Bombana.

Mantan Ketua KPU Kota Kendari tersebut mengatakan proses pendistribusian logistik di beberapa daerah di Sultra memang cukup berat, mengingat di Sultra ada beberapa daerah yang medannya cukupnya berat. Sebut saja kecamatan Routa di kabupaten Konawe, desa Runduma di kabupaten Wakatobi dan kecamatan Batu Atas kabupaten Buton Selatan.

“Saat pendistribusian logistik di kecamatan Routa kabupaten Konawe memang agak berat, sebab jalan ke Routa lumayan rumit”, kata Ojo.

“Batu Atas juga demikian, medan yang harus dilalui cukup berat, karena kita menghadapi tantangan gelombang laut untuk mencapai daerah tersebut, tetapi kita bersyukur karena semuanya telah teratasi”, katanya lagi.

Ojo kembali menyebutkan beberapa daerah yang harus menangani perlakuan khusus karena merupakan wilayah -wilayah terluar Sultra, disebutkannya daerah tersebut antara lain : Laonti di Konawe Selatan dan beberapa wilayah terluar di Kabaena yann merupakan wilayah kabupaten Bombana.

Ditambahkannya lagi bahwa sampai konferensi per ini dilakukan, semua personil KPU Sultra yang tersebar di 17 kabupaten/kota telah sangat siap.

Dan laporan terakhir yang diterima oleh KPU Sultra bahwa logistik telah berada dimasing-masing kecamatan bahkan sebagian telah menuju masing-masing desa.

Reporter : Asrun Awey Ali

 

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Mungkin Anda Menyukai