oleh

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Memimpin Pelepasan Minyak Goreng Kemasan Rakyat Untuk Indonesia Bagian Timur.

Faktual.Net, Jakarta. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memimpin pelepasan minyak goreng kemasan rakyat. “MINYAKITA” ke wilayah Indonesia Timur melalui Tol Laut Kamis (11/08/2022).

Pelepasan turut disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, hingga Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan.

Jumlah minyak goreng yang didistribusikan 1,3 juta liter ke wilayah Indonesia Bagian Timur yaitu ke Papua, Maluku dan NTT (Nusa Tenggara Timur).

Pengiriman ini dilakukan agar ketersediaan minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter merata ke seluruh wilayah NKRI sesuai instruksi Presiden Joko Wi ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada hari ke 55 jabatannya.

Pengiriman dilakukan dengan fasilitas tol laut. Pelepasan itu dilakukan di
Terminal Kontainer Pelabuhan Tanjung Priok.

Zulhas mengatakan pengiriman minyak goreng curah kemasan sederhana ini untuk mengintervensi harga komoditas tersebut di Indonesia Timur yang saat ini disebut masih jauh di atas Rp 14.000/liter. Saat ini harga minyak goreng di sana rata-rata Rp 17.000 sampai 19.000/liter.

Ia menyebut, pengiriman ke Indonesia Timur Akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 2 pekan. “Nanti saya jemput di sana,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan dengan pengiriman “MINYAKITA” ke Indonesia Timur dapat menghapus perbedaan harga atau disparitas antara Indonesia bagian barat dan timur, sebagai mana seperti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dengan tol laut memberikan suatu harga relatif murah, terjangkau sehingga harga yang ditetapkan Rp 14.000/liter atau botol ini bisa pertahankan oleh Mendag dan industri dan juga teman-teman bidang transportasi,” tutupnya.

Reporter: Lili

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :