oleh

Melalui Aplikasi Sipede, Kemendes RI Mudahkan Masyarakat Akses Dana Desa

Faktual.Net, Tidore. Tim Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Kota Tidore Kepulauan berencana menggelar pelatihan Sistem Informasi Pembangunan Desa (Sipede) di enam kecamatan.

Hal ini disampaikan Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif (TA-PP) TPPI Kota Tidore Kepulauan, Amiruddin Robo kepada Faktual Net, Rabu, 19/9/2018. Dikatakannya, Sipede adalah aplikasi yang disediakan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam mengawal pemanfaatan Dana Desa tepat sasaran.

“Pelatihan mandiri ini sebagai tindak lanjut dari Bimtek yang sudah kami ikuti berapa waktu lalu di Jakarta,” katanya.

Baca Juga :  Antusias Masyarakat Aketobololo Sambut Kedatangan Paslon AMAN

Pelatihan itu lanjut Dia, penting dilakukan agar penginputan data Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APB Desa) dan realisasi penggunaan dana desa terhadap empat bidang dapat dilakukan oleh TPPI pada tingkat kecamatan. Selanjutnya TPPI tingkat kecamatan akan melakukan penguatan terhadap TPPI ditingkat desa yang dikenal dengan Pendamping Lokal Desa.

Baca Juga :  Rawan Konflik, Mahasiswa Butur: Minta TNI-PoIri Kawal Pilkada Agar Aman dan Damai

“ Sipede ini adalah aplikasi yang nantinya memudahkan masyarakat untuk mengakses seberapa besar anggaran yang masuk ke desa dan seberapa besar serapan anggaran untuk memenuhi kebutuhan desa. Aplikasi ini juga dapat menampilkan presentase pembangunan pada empat bidang yang diamanahkan, yakni bidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan,” akhirnya.

Penulis : Suratmin Idrus

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :