oleh

Lembaga Jeka Kab.Jeneponto Sosialisasi Pencegahan Stunting Di Desa Lebangmanai

Faktual.net. Jeneponto – Pertemuan penguatan  dan pelaksanaan Intervensi Gizi Spesifik dan Sesintif Di Desa Lebangmanai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto. Dengan tema “STOP STUNTING JENEPONTO”.

Kegiatan sosialisasi pencegahan stunting dihadiri oleh kurang lebih 50  orang  kader Stunting  yang dilaksanakan  di kantor Desa Lebangmanai pada hari kamis tanggal 2/07/2020 pada pukul 8 pagi hingga selesai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ibu camat Rumbia Rakna Dewi Lai S.sos, ketua pegerak PKK kecamatan Rumbia Sona, kepala Puskesmas Rumbia H. Juliati S.st Skm dan stafnya, Ketua Jeka kab. Jeneponto Uci, Stap Pemkab Jeneponto Tutu sos dan Para stap dinas kesehatan kab. Jeneponto.

Salah satu pemateri atau yang juga ketua JEKA Kabupaten Jeneponto yang akrab disapa kak Uci menjelaskan tentang bagaimana cara pecegahan stunting di desa bontomanai ini intinya adalah. “Penerapan pola hidup sehat dengan cara makan makanan yang bergisi.

Baca Juga :  Walikota Tidore Serahkan Sejumlah Bibit Pala Dan Cengkeh Ke Petani

Dan minum minuman yang mengandung vitamin C, dengan rajin mengkonsumsi makanan yang bergizi dan minuman yang mengandung banyak vitamin. Insya Allah bisa meminimalisir terjadinya stanting.

Dan diwajibkan juga kepada ibu hamil Agar memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur agar selalu terhindar dari stunting, supaya nanti kalau sudah melahirkan anaknya tidak kerdil atau tidak meyebabkan peyakit Stunting terhadap anak tersebut.

Itulah gunanya ada bidan desa yang ditempatkan di setiap desa masing-masing terkhusus yang ada di Desa lebangmanai ini”. Ucap Ketua jeka yang akrab di sapa kak uci

Uci juga menambahkan. “prorgam ini sangat bagus karena telah dianggarkan oleh pemerintah Desa sebesar 28.000.000 Juta Rupiah dan juga pemerintah Desa telah menyiapkan fasilitas berupa bangunan rumah khusus stunting.

Dan ini saya rasa program ini sangat bagus sekali  berkat kerja keras kepala desa Lebangmanai, Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Puskesmas Kecamatan rumbia lembaga jika Kabupaten Jeneponto”. Tutupnya

Baca Juga :  Semarakkan HUT RI ke 75, Kasat Lantas Polres Gowa Bagikan Bendera

Kepala  Desa Lebangmanai Herman Spd saat di komfirmasi mengatakan. “Pemerintah desa selalu mehimbau masyarakat supaya rajin mengonsumsi makanan bergizi dan buah-buahan agar terhindar dari penyakit stunting dan ruting memeriksakan kandungannya ke Pustu desa lebangmanai.

Sebagaimana himbauan dan harapan pemerintah pusat, pak Jokowi tidak ingin rakyat indonesia terkena penyakit stunting.

Pemerintah Sulawesi Selatan dan pemerintah Kabupaten Jeneponto juga tidak ingin hal tersebut terjadi kepada masyarakat.

Jadi kesimpulannya adalah mari kita mendukung program  pemerintah, kita stop stunting khusunya Didesa Lebangmanai”.ucap Herman Kepala Desa Lebangmanai

Reporter Biro Jeneponto : Muh Ikbal Alfarisi
Editor : Saenal Abidin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :