oleh

Legalisir Akta Lahir Bisa selesai, Menunggu Tandatangan Kasudin Dukcapil Jakut


Faktual.Net. Jakarta- warga mengeluh untuk legalisir Akte Kelahiran yang diterbitkan oleh Dinas kependudukan dan catatan sipil DKI Jakarta dan ditandatangani oleh Kepala Suku dinas (kasudin) Jakarta utara, saat itu Edison Sianturi.

Setiap pimpinan berbeda kebijakan, ada yang untuk mempermudah warga dalam kepengurusan dokumen data, tidak kaku atau bertele-tele, asalkan tidak berbenturan dengan Produk Hukum.

Dikantor dukcapil Jakut ini, saat kepemimpinan Edison Sianturi dan Alm. Erik Sinurat, mengurus Dokumen Data apapun sangat mudah, karena kebijakan yang dilakukan oleh kedua pimpinan tersebut lebih memihak warga, ungkap warga yang sedang mengurus data dirinya dan belum bersedia sebutkan namanya.

” kalo memang ditingkat sudin tidak ada solusinya, biasanya diarahkan ke tingkat dinas,” tambahnya.

Baca Juga :  Sambangi Warga di Ruang Publik, Polres Kep Seribu Himbau ProKes dan Bagikan 1.400 Masker

Warga inisial SM, sebagai kuasa kepengurusan Legalisir akta lahir memberikan informasi kepada media melalui WhatsAppnya (WA) bahwa, Petugas loket dukcapil sudin Jakut menjelaskan ke warga yang ingin kepengurusan legalisir akte lahir Agar melampirkan,

Surat Kuasa jika diwakilkan
Akte lahir asli 
Fotokopi akte lahir (untuk dilegalisir)
Fotokopi KK
Fotokopi KTP
Dan selanjutnya mengisi formulir permohonan keabsahan kutipan akta yang situjukan kepada kasudin dukcapil.

“saya sudah ikuti prosesnya, tapi petugas loket berinisial NT menerangkan, bahwa berkas yang saya ajukan baru selesai besok, karena belum ditandatangi oleh kasudinnya,” kata SM kepada media,Kamis (14/10) melalui WhatsApp.

Saat media menghubungi petugas loket NT melalui WhatsApp SM,  NT menjelaskan bahwa berkas selesai besok, Jumat(15/10)  karena belum ditandatangi oleh Kasudin Dukcapil Jakut.

Baca Juga :  Yani Wahyu Purwoko: Saya Pastikan Warga Korban Kebakaran di Kerendang  Dilayani dengan Baik

“berkas belum ditandatangi kasudin, karena sedang Rapat dengan Dewan membahas Anggaran,” ucap NT melalui WA.

Informasi ini ditindaklanjuti dan dikonfirmasi oleh media kepada kasudin dukcapil Jakut Edward Idris, melalui aplikasi WA nya. (14/10).

Edward Idris kasudin Dukcapil Jakut menerangkan, bahwasanya untuk tandatangan legalisir bisa diwakili oleh Kepala seksi(kasie) dan ada pejabat harian(plh), serta menginformasikan beliau sedang Cuti berada dikampung halaman.

“Utk legalisir bisa diwakili Kepala Seksi Bang, Mhn maaf sy memang sdg cuti sdg besok orangtua di kampung tapi ada Plh.nya. Tks,” jelas Edward Idris.(zul)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :