oleh

Kwarcab Pramuka Jakarta Utara Gelar Rakercab

Faktual.Net, Jakarta Utara, DKI Jakarta-Untuk mengevaluasi program kerja tahun 2020 dan menyusun program kerja tahun 2021 terkait peningkatan kerja, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Jakarta Utara menggelar rapat kerja cabang (Rakercab).

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan ruling itu dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Utara selaku Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Waka Abdimas Rationo dan para undangan dari Kwarcab Pramuka Jakarta Utara.

Kegiatan Raker yang dilaksanakan secara ruling di kantor Kwarcab Jakarta Utara mengedepankan protokol kesehatan dengan undangan kehadiran terbatas.

Ketua Mabicab, Ali Maulaha Hakim, yang memberikan sambutannya secara daringĀ  mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan raker sebagai upaya untuk mengevaluasi program sebelumnya den menyusun program kegiatan 2021.

Diharapkan dalam menyusun program kerja Kwarcab dapat berkolaborasi dengan stake holder dan Pemerintah Kota agar dapat berjalan dengan baik.

“Mengingat, saat ini masih kondisi pandemi diharapkan anggota Pramuka dapat mendorong dan ikut serta dalam memutus mata rantai covid-19,”ujar Ali Maulana Hakim.

Ketua Mabicab juga menyebutkan, bahwa anggota Pramuka di Jakarta Utara ada sekitar 39 ribu dan merupakan potensi yang cukup besar dan diharapkan dapat membantu target percepatan vaksinasi lansia.

Baca Juga :  Pengurus Karang Taruna Sinjai Selatan Resmi di Kukuhkan

“Dengan jumlah anggota besar ini diharapkan dapat membantu mengantarkan lansia ke tempat vaksin sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Mabicab juga menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1442 H, mohon maaf lahir batin, semoga dalam menjalankan ibadah puasa dapat berjalan dengan baik, dan anggota pramuka disini bisa berperan serta seperti dalam kegiatan Ramadhan maupun hari raya nanti.

Ketua Kwarcab Pramuka Jakarta Utara, Budi Sulistiono, dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih atas kehadiran Wali Kota serta Waka Abdimas Rationo serta para peserta Rakercab Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Administrasi Jakarta Utara baik dari Kwarcab itu sendiri maupun peserta dari enam ranting (Kwarran).

Dalam kesempatan itu Ketua Kwarcab Jakarta Utara juga menyampaikan program kerja yang telah dilakukan tahun 2020 maupun yang belum terlaksana karena sesuatu hal.

“Semoga ke depan dalam merencanakan program dapat dilakukan sesuai kondisi saat ini,”ujar Budi.

Sementara itu, Waka Abdimas Kwarda DKI, Rationo menyampaikan pesan Ka Mabida, Anis Baswedan, agar Pramuka Jakarta terus dapat relevan dan menjadi penggerak di tengah masyarakat, serta melakukan terobosan dan inovatif dalam program ke Pramukaan.

Baca Juga :  Pengurus Karang Taruna Sinjai Selatan Resmi di Kukuhkan

Kak Rationo menambahkan, pesan Kak Mabida, sebagai organisasi pendidikan non formal yang berfokus pada generasi muda maka inovasi dan kebaruan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari Gerakan Pamuka, oleh sebab itu keduanya harus menjadi ciri dari seluruh aktivitas Pramuka Jakarta.

Kak Anies berharap Pramuka Jakarta dan Kwartir Daerah harus menjadi Kwartir Daerah yang progresif, salah satunya dengan cara siap berkolaborasi dengan komunitas dan komponen eksternal gerakan Pramuka.

“Salah satu terobosan yang perlu menjadi perhatian Pramuka Jakarta yakni aktivitas generasi muda perkotaan. Aktivitas Pramuka Jakarta harus menyesuaikan dengan keadaan, tantangan dan peluang perkembangan kota dan masyarakat Jakarta.

Kegiatan Pramuka Jakarta juga diharapkan selalu memiliki aspek modern, relevan dengan isu yang berkembang dan perkembangan Jakarta. Kak Anis juga menambahkan, konsep Pramuka perkotaan atau urban scouting ini harus diupayakan sebagai salah satu daya tarik pendidikan kepramukaan di Jakarta,”terang Rationo.

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :