oleh

KPU Wakatobi Tentukan 7906 Pemilih Sebagai Syarat Minimum Dukungan Calon Perseorangan

Faktual.Net, Wakatobi, Sultra. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi melaksanakan sosialisasi terkait syarat minimum dukungan dan persebarannya bagi bakal calon (balon) yang maju perseorangan (independen) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Wakatobi tahun 2020 di Villa Nadila, Wangi-Wangi, Kamis, 5/12/2019.

Abdul Rajab, Ketua KPU Kabupaten Wakatobi dalam sambutannya mengatakan kegiatan sosialisasi ini bagian penting dari tahapan pilbup wakatobi 2020 untuk dilakukan, dengan tujuan memberikan informasi-informasi kepada masyarakat yang berkeinginan maju jalur perseorangan pilkada mendatang.

“Ini penting dilakukan sebelum memasuki tahapan pendaftaran calon perseorangan, kami harus sosialisasikan ke masyarakat terkait berapa jumlah minimum dukungan yang harus dipenuhi calon perseorangan, dan bagaimana prosedur-prosedur lainnya” katanya.

Kepada peserta pimpinan Partai politik, Ketua Ormas, Ketua OKP, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat di Wakatobi yang terlibat. Dia berharap “kepada peserta undangan para tokoh-tokoh, juga para bakal calon bupati dan wakil bupati wakatobi, setelah selesainya kegiatan ini kita semua bisa menyampaikan hasil sosialisasi ini kepada masyarakat”.

Baca Juga :  DPRD Kuras Uang Daerah 12 Milliar Setahun, Wali Kota Dan Wakil Lebih Hemat

Diseminasi yang menghadirkan Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Iwan Rompo Bane sebagai narasumber itu menjelaskan Wakatobi pada pemilu terakhir tidak melebihi 250 ribu jiwa sehingga jumlah minimal dukungan hanya 10% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi Kabupaten Wakatobi pada pemilu terakhir memiliki DPT 79.054 pemilih, itu artinya ketentuan menurut pasal 10 ayat 1 Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang syarat minimal dukungan calon independen 10% atau 7.906 dari DPT“ jelasnya.

Adapun Sistem Informasi Pencalonan (SILON), KPU Wakatobi menyediakan operator KPU Kabupaten dan ada operator paslon perseorangan. Operator paslon perseorangan yang akan menginput Formulir Model B1-KWK di SILON secara offline.

Baca Juga :  Peletakan Batu Pertama Rumah Tahfidz Qur'an Desa Manimbahoi di Hadiri Anggota DPRD Gowa

Setiap operator paslon perseorangan akan diberikan 1 (satu) username dan password oleh Koordinator SILON KPU Kabupaten, username yang diberikan tidak bisa diganti kecuali password. Di usahakan password yang terubah hanya operator tersebut yang tahu, jangan sampai di salahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Operator SILON paslon perseorangan akan di latih singkat tentang penggunaan aplikasi SILON juga fitur-fitur yang ada didalamnya oleh team SILON KPU Kabupaten, karena Model B1-KWK Perseorangan, Model B1.1-KWK Perseorangan dan Model B2-KWK Perseorangan semua bisa di download melalui SILON.

Sebagai informasi, KPU Kabupaten Wakatobi membuka konsultasi bagi calon yang berkeinginan maju jalur perseorangan pada Pilbub 2020. Silahkan datang ke Help Desk KPU Kabupaten Wakatobi di Jl. Pulau Runduma No. 9 Manugela Wangi-Wangi.

Reporter : La Ode Haeruddin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :