oleh

Konservasi Tahura Ma’ra Diragukan Dampak Ekonomi Warga Sinjai Borong

Faktual.Net, Sinjai, Sulawesi Selatan. Adanya klaim beberapa pihak bahwa pembangunan bumi perkemahan dan trek sepeda di wilayah konservasi tahura ma’ra akan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat Sinjai Borong, diragukan oleh Fadli, Selaku Ketua Pesiar.

Ketua Pemuda Sinjai Timur (Pesiar) Fadli, Menuturkan klaim tersebut hanyalah asumsi tanpa data dan kajian yang dapat dipaparkan dan dipertanggung jawaban meragukan.

“Jika memang bumi perkemahan dan trek sepeda dapat mengangkat perekenomian masyarakat setempat, apakah ada kajian maupun data yang pernah dipublikasikan terkait klaim tersebut” katanya

Melihat hanya asumsi untuk menguatkan hasrat pihak-pihak tertentu meraup keuntungan berkedok wisata.

Saya justru melihat itu hanya asumsi untuk menguatkan hasrat pihak-pihak tertentu meraup keuntungan dibalik perusakan lingkungan berkedok wisata”, tutur fadli

Fadli melanjutkan bahwa selama ini ada pungutan retribusi bagi pegunjung tahura yang dikelola oleh pemdes dan pemkab. Namun pengelolaan tersebut tidak transparan sehingga tidak berfungsi maksimal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Selama ini ada retribusi yang dikeola oleh pemdes dan pemkab, adakah data pengelolaan dana tersebut yang dapat ditransparasikan kepada publik hingga saat ini” ucapnya

Dia menambahkan bahwa jika pengelolaan retribusi saja belum bisa berjalan baik apalagi jika ditambah dengan pengelolaan bumi perkemahan dan trek sepeda.

“Itu khawatirkan masyarakat setempat hanya jadi penonton atau bahkan terpinggirkan jika pengelolaan tahura belum transparan bagi publik”, tutupnya.

Editor :Dzul

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Tajuk Berita