Kepala Desa Bontomanai Budidaya Tire/porang Sebagai Ikon unggulan Desa

396

FAKTUAL.NET. GOWA- Desa Bontomanai gelar tanam porang “tire” dalam rangka penanaman komoditi tire (porang) sebagai unggulan yang Di pusatkan di kampung depa, dusun tanetea  sebagai sentra tani tanaman tire desa Bontomanai kecamatan Bungaya kabupaten Gowa, (30/11/2019)

Hadir dalam kegiatan tersebut,
Kadis PMD kab. Gowa bapak Muh. Asrul. Mm,Kabid Dinas Pertanian kab. Gowa diwakili Kasi Tanaman Pangan ibu Nurlia
KPH (Kesatuan Pengolahan Hutan) ,Kasi Pemberdayaan Masyarakat kec. Bungaya H Darwis S. Sos,Danpos Ramil Bungaya Pelda Muh Amin,Kepala Desa Bontomanai H. Muh idrus, Para lurah dan kepala desa sekec. Bungaya
Para Kepala Dusun,para ketua dan anggota Gapoktan desa Bontomanai,
tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan masyarakat sekitar kurang lebih 200 orang.

Mengawali Sambutannya, Kadis PMD kab.Gowa Menuturkan “Tanaman Tire/porang saat ini menjadi tanaman yg punya nilai ekonomis tinggi, yg dulunya dianggap sebagai tanaman pengganggu sekarang sudah dapat dijadikan tanaman yg bermanfaat bagi masyarakat, permintaan pasar sangat besar dan belum bisa dipenuhi oleh petani karena belum ada budidaya secara komersial,kegiatan penanaman bersama ini sebagai aksi awal budidaya konvensional tanaman tire/porang dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk memenuhi kebutuhan pasar yang besar, yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :  Seminar dan Gathering Building Engineer Association (BEA) Indonesia Tahun 2019

Kegiatan ini digelar untuk memberi pemahaman mendasar kepada masyarakat cara budidaya tire dengan baik, Serta mengembangkan pohon tire ini yang pada umumnya tumbuh liar, hal tersebut dipaparkan kepala desa Bontomanai Idrus Sikki kepada awak media.

” ia jadi tujuan utama penanaman Tire (porang) ini, pertama Bagaimana masyarakat Sekecamatan Bungaya khususnya Desa Bontomanai Bisa Membudidayakan  dengan Sebaik-baiknya,  karena selama ini Belum pernah di budidayakan dan hanya tumbuh liar di laha-lahan pertanian, kita juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat cara budidaya pohon tire ini”.

Baca Juga :  Dishub Bersama KUPP Gelar Pertemuan Dengan Motores

Ia juga mengatakan “semoga dengan adanya budidaya ini tingkat SDM masyarakat desa Bontomanai Bisa Meningkat”

Lebih lanjit ia memaparkan ” terkait Pemasaran Tire Ini cukup Muda, karena seluruh investor untuk tire ini sudah ada di kabupaten Gowa baik dari Cina, Kolombia, Jepang sudah ada di wilayah kita. Sehinga petani tidak perlu repot untuk memasarkannya, Jelasnya

Reporter : Saenal Abidin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :