Keberadaan Ormas, OKP dan LSM Di Luar Tidore Wajib Lapor di Kesbangpol

Faktual. Net, Tidore. Untuk menghindari modus penipuan di kalangan masyarakat, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tidore Kepulauan menegaskan kepada seluruh Ormas, OKP maupun LSM yang berada di luar Tidore dan belum terdaftar di Kesbangpol Tikep diminta untuk wajib lapor sebelum melakukan kegiatan.

Pasalnya jika tidak dilakukan demikian, maka OKP, Ormas atau LSM bersangkutan tidak diijinkan untuk melakukan kegiatan di Tidore. Hal ini dilakukan guna menghindari modus penipuan sebagaimana yang dilakukan oleh Badan Komunikasi Nasional Desa SeIndonesia (BKNDI) di Kota Tidore Kepulauan belakang ini, beserta kejadian yang menimpa pulau morotai mengenai keyakinan ummat beragama.

“BKNDI sampai sekarang juga tidak melalui kesbang. Namun saat ini kami sudah mengeluarkan edaran ke pihak Kelurahan, baik soal Pemilu damai, soal masalah yang dialami di Morotai dan BKNDI itu sendiri,” ungkap kepala Badan Kesbangpol Kota Tikep Mahmud Abdullah saat ditemui  media ini di ruang kerjanya, Rabu, (20/3/19).

Lebih lanjut, Mahmud mengatakan untuk menindaklanjuti masalah BKNDI yang diduga menipu masyarakat Tidore, Kesbangpol Tikep akan berkoordinasi dengan Kesbangpol Kota Ternate untuk mengecek keberadaan BKNDI yang dikabarkan berada di Kota Ternate tepatnya di depan IGD Rumah Sakit Chasan Boaesari.

Selain BKNDI, kata Mahmud ada juga satu Yayasan Bakti Cerdas Andalas Indonesia yang telah mengajukan proposal di Kota Tidore Kepulauan dengan tujuan untuk melakukan Pelatihan Metode Cerdas Pembelajaran Matematika dengan melibatkan guru Matematika di Kota Tidore Kepulauan, hanya saja karena identitasnya belum jelas sehingga Yayasan tersebut masih diminta untuk melapor secara resmi ke Kesbangpol Kota Tikep.

“Mereka harus datang dengan identitas yang lengkap dulu baru bisa melakukan kegiatan di Tidore, selama mereka tidak datang maka tidak akan kami perbolehkan,” tandasnya.

 

Reporter : Aswan Samsudin

 

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Mungkin Anda Menyukai